Remaja Indonesia Selesaikan Hafalan Quran 30 Juz dalam 3 Bulan, Palestina Menyusul

Jakarta, MINA – Dua berhasil menghafal Quran 30 juz dalam waktu beberapa bulan saja.

Kedua remaja tersebut adalah Rama Armanda, seorang remaja asal Indonesia yang berhasil menghafal Quran 30 juz dalam waktu 3 bulan. Dan Taqwa Zahir, seorang remaja asal Palestina yang berhasil menghafal Quran 30 juz dalam waktu 6 bulan. Demikian dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin (10/5).

Santri Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional asal Kabupaten Bekasi, bernama Reyden Feter Rama Armanda, berhasil khatamkan hafalan Al-Qur’an 30 juz diusia 16 tahun dalam kurun waktu tiga bulan.

Remaja kelahiran Bekasi itu di wisuda pada 5 Januari 2020 lalu di Hotel Horison, Kuningan, Jawa barat.

Rama mengatakan, kunci utama untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an (hafizh/hafizhah) adalah harus mempunyai kemauan yang kuat.

“Kalau dari awal kita mempunyai kemauan kuat, insya Allah ada saja jalannya, dan semua yang sulit pasti jadi mudah,” ujarnya

Dirinya membeberkan, trik untuk menghafal Al-Quran dan menjaga hafalan ialah dengan cara muraja’ah (pengulangan) hingga melekat dalam ingatan. Dalam muraja’ah setiap orang berbeda-beda durasi dan kecepatannya.

Menurutnya, menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an butuh stamina ekstra. Jika tidak diulang-ulang, maka hafalan Al-Qur’an bisa hilang. Kualitas hafalan tergantung pada muraja’ah

“Kalau muraja’ah nya benar, insya Allah target menghafal terpenuhi dan hafalan 30 juz terjaga asal terus konsisten,” katanya.

Kemudian, Taqwa Zahir (15 tahun) yang berasal dari Palestina. Ia memilih untuk memperdalam ilmu agama dan menghafal Al-Qur’an.

Dikutip dari The Siasat Daily, Taqwa Zahir berhasil menghafal Al-Qur’an selama lockdown pandemi di negaranya. Dalam waktu enam bulan, Taqwa Zahir mampu menghafal Al-Qur’an 30 juz.

Hal ini telah mengejutkan banyak orang, mengingat bahwa biasanya orang lain membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 tahun untuk menghafal seluruh isi Al-Qur’an. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.