Replika Rumah Rasulullah Siap Meriahkan IBF

foto: Ketua Panitia , Anis Baswedan (Neni Reza/ MINA)

Jakarta, 6 Rajab 1438/ 3 April 2017 (MINA) – Islamic Book Fair (IBF) 2017 di gelar pada 3-7 Mei mendatang di Jakarta Convention Center (). Ketua Panitia IBF Mahmud Anis Baswedan mengatakan panitia telah mempersiapkan 50 acara di IBF salah satunya .

Insya Allah, kami akan menyiapkan sekitar 50 acara selama lima hari pameran buku,” ujar Mahmud Anis di Jakarta, (3/4).

Anis mengatakan, sejumlah acara itu akan menampilkan tokoh-tokoh nasional, alim ulama, pejabat pemerintah, penulis dan lainnya. Di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Ustaz Yusuf Mansur, Ustaz Bachtiar Nasir, Habiburrahman El Shirazy, Tere Liye, Wali Band, dan lain-lain.

Insya Allah juga ada Peggy Melati Sukma, Fedi Nuril, dan beberapa tokoh terkemuka di Indonesia yang memeriahkan acara tersebut,” jelas Anis.

Anis menjelaskan, pada IBF kali ini Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin direncanakan membuka pameran buku-buku Islam tersebut.

“Kehadiran ulama dalam acara IBF 2017 diharapkan membawa keberkahan bagi masyarakat dan umat Islam, terlebih khususnya bagi pengunjung IBF,” tambahnya.

Guntur Ramadhan sebagai tim acara IBF menyampaikan, pihak panitia menyediakan dua panggung untuk IBF, yakni panggung utama dan panggung di arena Kids Zone.

“Dalam IBF kali ini akan berisi bedah buku, talkshow, seminar, tabligh akbar, lomba tahfidz, dan cerdas cermat, ada pula lomba nasyid,” ujarnya.

Mengenai perserta, ia menjelaskan, penerbit yang berpatisipasi pada IBF 2017 mencapai 128 penerbit dengan jumlah stan mencapai 208 unit. Sedangkan untuk peserta non penerbit mencapai 88 peserta dengan jumlah stan sebanyak 92 unit. “Jadi jumlah peserta IBF ada 300,” katanya.

Anis mengungkapkan, pengunjung IBF tahun lalu mencapai 500 ribu . “Karena IBF 2017 ini hanya lima hari, kami menargetkan 300 ribu pengunjung bisa hadir di acara IBF kali ini,” ungkap Anis.

Pada perhelatan IBF kali ini juga ada ajang Islamic Book Award (IBA), yakni anugerah untuk dunia perbukuan, mulai dari tokoh perbukuan Islam, karya fiksi terbaik untuk dewasa dan anak, karya nonfiksi terbaik untuk dewasa dan anak, buku terjemahan terbaik,
cover buku terbaik, dan ilustrasi buku terbaik.

“Ada 54 penerbit yang berpatisipasi dalam IBA, dari 54 penerbit itu, terkirim sebanyak 273 judul buku untuk dinilai, ada penerbit dari Jakarta, Bandung, Bogor, Pati, Kebumen, Surabaya, Klaten, Solo, dan lain-lain,” jelas Anis. (L/R07/P2).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.