Ribuan Warga di Kota-kota Turki Protes Trump

(Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Ribuan orang hampir di seluruh kota-kota turun ke jalan pada Rabu malam (6/12) memprotes keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Beberapa LSM dan kelompok masyarakat sipil, termasuk Asosiasi Pemuda Anatolia (AGD) dan Turkish Youth Foundation (TUGVA), berkumpul pusat-pusat kota di setiap sudut negara untuk memprotes langkah tersebut. Anadolu Agency melaporkan.

Beberapa LSM dipimpin cabang AGD Istanbul melakukan demonstrasi di Konsulat Jenderal AS di Istanbul dan meneriakkan slogan-slogan melawan Presiden Donald Trump dan AS, serta membawa poster dan spanduk dukungan terhadap Palestina.

TUGVA juga mengkoordinir massa demonstrasi lain di kompleks Masjid Ak-Fatih di Istanbul.

“Umat Islam harus bersatu melawan keputusan Trump,” pernyataan panitia.

lain digelar di di depan gedung Kedutaan Besar AS di Ankara, di mana sebuah pernyataan dibaca yang menyebutkan bahwa krisis Palestina adalah isu mendasar bagi semua umat Islam.

Akdi protes serupa juga diadakan di hampir seluruh provinsi di Turki, seperti di Konya, Bursa, Antalya, Mugla, Manisa, Adana, Bartin, Karabuk, Samsun, Yozgat, Malatya, Gaziantep, Kahramanmaras, Sanliurfa, Sirnak dan Diyarbakir.

Pengumuman Trump memicu kecaman keras dari seluruh dunia, termasuk Turki. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.