SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rihlah ke Taman Dinosaurus, Perkuat Iman dan Semangat Hafalan

Bahron Ansori - Sabtu, 29 Juni 2024 - 17:51 WIB

Sabtu, 29 Juni 2024 - 17:51 WIB

6 Views

Taman Dinosaurus. (foto: Bahron Ans/MINA)

Majalengka, MINA – Pagi itu matahari mulai menampakkan senyumnya yang indah. Tak seperti biasa, pagi itu santriwati Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Nurul Bayan Majalengka terlihat begitu antusias, beberapa santriwati tampak sibuk keluar masuk asrama, seolah sedang mempersiapkan sesuatu.

Hari itu, Sabtu, 29 Juni 2024 tepat dipenghujung bulan, sekitar 50 santriwati Tahfidz Qur’an Nurul Bayan akan merasakan sebuah petualangan seru. Berbekal semangat dan keceriaan, mereka melangkahkan kaki menuju Taman Dinosaurus, sebuah taman wisata legendaris yang berlokasi di Desa Lemahputih, Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka.

Lokasi wisata yang telah berdiri sejak tahun 2003 itu, diperkirakan sekitar 1 jam lebih dari pusat kota Majalengka, atau dengan jarak tempuh 40 Km. Akses jalan ke tempat wisata itupun cukup bagus. Karena itu, wisata ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sesuai dengan namanya, di taman ini terdapat dua patung dinosaurus berukuran raksasa. Dua patung dinosaurus itu jenis Brachiosaurus. Patung dinosaurus itu memiliki ukuran yang berbeda. Lokasi wisata itulah yang menjadi pilihan dari santriwati Tahfidz Qur’an Nurul Bayan sebagai tempat rihlah.

Baca Juga: Luar Biasa, Sherly Polwan Banyumas Jawa Tengah Hafal Al-Quran 30 Juz

Lebih dari sekedar piknik, rihlah ini merupakan bagian dari program pesantren untuk menyegarkan pikiran dan memperkuat semangat para santriwati dalam menghafal Al-Qur’an. Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern, momen ini menjadi pengingat bagi para santriwati tentang keagungan Allah SWT melalui ciptaan-Nya yang luar biasa.

Melihat langsung replika dinosaurus raksasa yang menjulang tinggi, membawa para santriwati menyelami imajinasi tentang kehidupan jutaan tahun silam. Diiringi penjelasan dari pemandu taman, mereka takjub dengan besar dan tingginya patung dinosaurus. Itu hanya patung, lalu bagaimana jika benar-benar ada?

Bagi Ustadzah Najwa, salah satu pengajar di Pondok Tahfidz Qur’an Nurul Bayan, rihlah ini bukan hanya tentang dinosaurus atau melepas penat. “Mempelajari sejarah dan ciptaan Allah SWT dapat memperkuat iman dan keyakinan para santriwati. Mereka semakin termotivasi untuk menghafal Al-Qur’an, karena mereka melihat bukti nyata kebesaran Allah di alam semesta,” tuturnya.

Lebih dari itu, momen rihlah ini menjadi ajang bagi para santriwati untuk menjalin kebersamaan dan memperkuat ukhuwah Islamiyah. Di tengah keceriaan dan tawa, mereka saling membantu dan berbagi cerita, menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antar sesama sehingga persaudaraan antara satu dengan yang lain kian terjalin kuat.

Baca Juga: Menelusuri Museum Al-Quran dan Wahyu di Kawasan Budaya Hira Makkah

Di akhir rihlah, para santriwati meninggalkan Taman Dinosaurus dengan hati yang penuh kenangan dan semangat yang baru. Pengalaman ini tak hanya memperkaya pengetahuan mereka, tetapi juga semakin menguatkan tekad mereka untuk menjadi hafidzah Qur’an yang beriman dan berakhlak mulia.

Kisah Inspiratif dari Santriwati

Salah satu santriwati, Khansa, mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan untuk mengikuti rihlah ini. “Saya senang sekali bisa melihat dinosaurus secara langsung. Tadinya saya hanya bisa membayangkannya dari buku,” tuturnya.

Khansa terinspirasi dengan kehebatan Allah SWT dalam menciptakan makhluk-makhluk raksasa ini. “Saya jadi semakin yakin bahwa Allah SWT Maha Kuasa dan Maha Pencipta. Hal ini membuat saya semakin semangat untuk menghafal Al-Qur’an,” imbuhnya.

Baca Juga: Sapi Bima Milik Arifin Ahmad, Pilihan Utama Hewan Qurban di Jakarta

Rihlah Santriwati Tahfidz Qur’an Nurul Bayan Majalengka ke Taman Dinosaurus merupakan contoh bagaimana pendidikan pesantren dapat menggabungkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman secara kreatif dan inspiratif. Pengalaman ini tak hanya memperkaya pengetahuan dan pengalaman para santriwati, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkuat iman dan semangat mereka dalam menghafal Al-Qur’an.

Sekilas Tahfidz Qur’an Nurul Bayan

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Nurul Bayan adalah sebuah pondok pesantren khusus putri yang fokus pada program tahfidzul (menghafal) Qur’an. Pondok pesantren ini memiliki visi untuk menjadi pusat penghafal Al-Qur’an yang mencetak kader dai’ah bertaraf internasional.

Di antara misi utama dari Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Nurul Bayan ini antara lain seperti: Memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT, mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah, melahirkan kader dai’ah yang berkarakter Qur’ani, dan menjadi salah satu pusat lembaga studi ilmu Al-Qur’an di Majalengka.[]

Baca Juga: Urgensi Pengelolaan Keuangan Keluarga Islami

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda