RISKA Ajak Pemuda Peduli Lingkungan Melalui Kajian

Jakarta, MINA – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan kepedulian pemuda untuk menjaga dan melestarikan alam, Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA) menggelar kajian dengan tema “Merawat Bumi, Menata Hati”, di Mecapan Indonesia, Jakarta.

Melalui keterangan tertulis yang diterima MINA pada Selasa (31/12), RISKA mengatakan bahwa Sebagai organisasi pemuda, mereka menyadari para pemuda memiliki tugas penting dalam melestarikan bumi untuk keberlangsungan hidup generasi mendatang, dan kajian itu diharapkan dapat memberi pemahaman akan kesadaran merawat bumi dari hal terkecil dan langsung dapat diterapkan dalam kehidupan setiap pemuda.

Kajian itu menghadirkan Habib Geys Abdurrahman Assegaf sebagai pembicara yang memberikan pemaparan mengenai Islam dan cinta lingkungan.

Ia menyampaikan tentang bagaimana agama Islam memerintahkan agar manusia tidak membuat kerusakkan di muka bumi dan merawatnya.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 150 peserta, perwakilan dari komunitas atau organisasi kepemudaan di sekitar Jabodetabek. Menurut RISKA, kolaborasi yang tercipta antar komunitas pemuda akan menciptakan jangkauan yang lebih luas dan mempercepat kesadaran untuk merawat lingkungan.

Hadir pula, Agung Juna, Influencer dan Content Creator, yang berbagi cerita dan mengajak anak muda untuk memulai langkah menjaga lingkungan dari hal-hal kecil.

Tidak hanya kajian, dalam kesempatan itu para peserta juga belajar untuk memanfaatkan limbah rumah tangga, minyak jelantah, dengan menjadikannya sabun.

RISKA sebagai bagian dari Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, merupakan wadah kepemudaan yang didirikan pada tahun 1974 dan bertujuan untuk membina kehidupan beragama di kalangan remaja, guna mendukung minat dan bakat anggotanya ke arah perbaikan, terutama dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan. (R/Ast/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.