Rouhani Telepon Erdogan, Seru Negara Muslim Hentikan Kekejaman Israel

Dokumen Press TV: pertemuan Presiden Iran Hassan Rouhani dan rekan turkinya, Recep Tayyip Erdogan.

Teheran, MINA – Presiden Iran Hassan Rouhani menelepon mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, Ahad (16/5), keduanya mengecam  kebiadaban Israel dan pembantaian terhadap rakyat Palestina yang tidak berdaya.

Press TV melaporkan, Rouhani mengatakan bahwa mereka berdua mendesak negara-negara Muslim dan organisasi internasional untuk segera menghentikan kekejaman rezim Tel Aviv.

“Masalah Palestina masih merupakan masalah umum yang paling penting dan paling jelas bagi umat Muslim,” katanya.

Dia menambahkan bahwa Iran dan Turki, sebagai dua negara penting dan berpengaruh di kawasan, harus meningkatkan kerja sama. Kedua negara harus melakukan upaya kolektif untuk memanfaatkan kapasitas badan-badan internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menghadapi rezim kejahatan dan tindakan agresi Zionis.

Ketegangan meningkat di Yerusalem Al-Quds, Tepi Barat yang diduduki dan Gaza di tengah rencana pengusiran puluhan warga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah, tempat pemukim ilegal Israel ingin merampas properti keluarga Palestina.

Berpidato dalam pertemuan darurat virtual OKI pada Ahad, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengecam pelanggaran hak asasi manusia sistematis Israel dan pengabaian hukum internasional. (T/RI-1/P1)

Ni’raj News Agency (MINA)