Rumah Zakat Targetkan Bina 1.200 Desa di Tahun 2017

Jakarta, 8 Jumadil Awwal 1438/6 Januari 2017 (MINA) – Di tahun 2017, Rumah () targetkan membina 1.200 di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalisasi dana zakat yang disalurkan melalui RZ.

“Zakat memiliki potensi untuk menjadi bagian dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia. Salah satunya kami wujudkan dalam pembinaan desa, melalui pemberdayaan dan program-program yang ditawarkan kepada masyarakat yang tidak hanya untuk memberdayakan ekonomi, lingkungan dan pendidikan, tetapi juga spiritual,” demikian yang dikatakan Chief Marketing Officer RZ, Irvan Nugraha dalam press rilis yang diterima MINA.

Menurutnya, hingga akhir tahun 2016, RZ telah membina sekitar 800 desa yang tersebar di beberapa wilayah, di antaranya desa-desa yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Ia mengatakan, pembinaan ini diwujudkan melalui beberapa program seperti program Senyum Sehat, Senyum Juara dan Senyum Mandiri.

Program-program tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Senyum Sehat adalah sebuah program yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan, sedangkan Senyum Juara bergerak dalam bidang pendidikan, Senyum Mandiri untuk membina ekonomi masyarakat desa, dan Senyum Lestari untuk lingkungan.

Lebih lanjut ia mengatakan, relawan yang turut membantu dalam program desa binaan itu merupakan warga setempat yang sengaja direkrut untuk mempermudah berjalannya program tersebut.

“Untuk mengembangkan program ini, kami juga melibatkan dan menempatkan relawan inspirasi yang direkrut dari warga desa setempat. Hal ini untuk lebih memudah dalam pengembangan desa binaan tersebut,” ujar Irvan.

Menurut Irvan, selain menargetkan program desa binaan dan pemberdayaan desa di tahun ini, RZ juga terus memperluas program bantuan ke lokasi-lokasi yang sedang dilanda bencana baik di dalam maupun di luar negeri.

Melalui program tersebut ia berharap, RZ dapat berkontribuasi untk membangun masyarakat yang agamis dan sejahtera. (L/ism/P3/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.