Rusia Puji Pencapaian Konferensi Berlin Bahas Libya

Moskow, MINA – Menteri Luar Negeri Rusia memuji kesepakatan yang dicapai dalam membahas masalah , pada Ahad (19/1).

Berbicara kepada wartawan Rusia di Berlin, Menlu Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa Libya telah mengambil langkah untuk maju pada konferensi Berlin dengan menyetujui pengiriman lima perwakilan dari masing-masing pihak ke komite militer yang diprakarsai PBB untuk melakukan gencatan senjata.

“Para peserta komite akan bekerja pada langkah konkret yang bertujuan untuk memperkuat kepercayaan yang akan memungkinkan gencatan senjata menjadi berkelanjutan,” kata Lavrov, demikian Anadolu Agency melaporkan, Senin (20/1).

Dia juga memuji janji pihak-pihak asing untuk tidak mendorong Libya melanjutkan permusuhan.

“Pihak-pihak di Libya mengambil langkah kecil maju dibandingkan dengan pertemuan yang berlangsung di Moskow pekan lalu,” kata Lavrov.

Mengenai kontribusi Rusia pada konferensi Berlin, dia mengatakan Moskow telah mengambil bagian dalam mempersiapkan konferensi sejak awal.

“Kami berhasil menyiapkan dokumen final sedemikian rupa sehingga segala sesuatu yang perlu diterima harus disetujui oleh pihak-pihak Libya. Peran Dewan Keamanan, untuk pertimbangan yang akan disajikan di dokumen itu, menjadi sorotan,” jelas Lavrov.

Sejak April 2019, Haftar melancarkan serangan untuk merebut Tripoli dari GNA.

PBB mengungkapkan bahwa lebih dari 1.000 orang tewas sejak operasi itu diluncurkan dan lebih dari 5.000 lainnya terluka.

Sejak penggulingan pemerintahan Muammar Khaddafi pada 2011, dua poros kekuasaan yang saling bersaing muncul di Libya, satu di Libya Timur yang didukung oleh Mesir dan Uni Emirat Arab, dan satu lagi di Tripoli yang mendapat pengakuan PBB dan internasional. (T/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.