Santri dan Warga Aceh Lakukan Aksi Bela Palestina di Masjid Raya Baiturrahman

Sejumlah santri Aceh membentuk koreo tulisan FREE PALESTINE di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Jumat, 17 Mei 2024. (Foto: Arif/MINA)

Banda Aceh, MINA – Ratusan santri dan warga Aceh menggelar aksi bela Palestina di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Jumat (17/5), beberapa hari setelah peringatan peristiwa Nakba ke-76 pada Rabu lalu.

Aksi damai ini digelar usai shalat Jumat dalam bentuk penyampaian pesan melalui poster yang dibawa sejumlah santri dan warga.

Aksi ini berlangsung damai dengan serangkaian kegiatan yang menunjukkan dukungan moral terhadap rakyat Palestina yang tengah menghadapi situasi sulit di Gaza.

“Saat ini, Palestina membutuhkan dukungan dari seluruh dunia. Kita tidak boleh diam dan hanya menjadi penonton. Apa yang terjadi di Gaza adalah siaran langsung genosida yang harus segera dihentikan,” kata salah seorang peserta aksi.

Baca Juga:  Warga Palestina Berjuang Mencari Air Minum

Dalam kesempatan itu, warga yang ada di halaman masjid ikut dengan suka rela membentangkan bendera Palestina dan meneriakkan yel-yel “Free Free Free Palestine“, serta teriakan “Israel Is Terorist“.

Aksi damai tersebut turut diikuti oleh relawan Aqsa Working Group (AWG), Relawan Rumah Zakat Aceh, organisasi Blood For Life Foundation (BFLF), dan mendapat dukungan dari Kantor Hukum Nourman & Partner.

Aksi dukungan ini digerakkan oleh Palestina Action Group Aceh yang menunjukkan kuatnya solidaritas masyarakat Aceh terhadap perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina.

Sebagai tindak lanjut dari aksi ini, pekan mendatang akan diadakan serangkaian kegiatan simbolis sebagai bentuk dukungan yang lebih nyata.

Agenda yang telah direncanakan mencakup pengibaran bendera Palestina di berbagai masjid dan kendaraan pribadi. Aksi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik dan menunjukkan solidaritas yang kuat dari masyarakat terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Baca Juga:  Tahun 2025 Akan Menjadi Haji Terakhir di Musim Panas 

Para peserta aksi juga menyerukan kepada komunitas internasional untuk tidak lagi berdiam diri dan segera mengambil tindakan tegas terhadap kejahatan yang dilakukan oleh pemerintah Israel. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Arif Ramdan