Sasar Turis Muslim, Vietnam Persiapkan Insfrasturktur Halal

Jakarta, MINA – Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong mengatakan, Pemerintah Vietnam saat ini sedang menyiapkan infrasturkur halal untuk menyasar pangsa pasar turis muslim ke negaranya.

Dubes Van Thong menyadari pasar makanan dan jasa layanan halal memiliki market yang sangat besar.

” Valuasi sangat besar sehingga menjadi penting untuk tonggak perokonomian,” kata Dubes Van Thong dalam annual press meeting di Kedutaan Besar Vietnam Kamis (4/1) di Jakarta.

Pemerintah Vietnam juga sedang mengembangkan strategi untuk mengembangkan industri ekspor halal baik dalam bentuk produk makanan, jasa dan produk lainnya.

Van Thong  mengatakan, Pemerintah Vietnam dan Indonesia telah melakukan kerja sama dalam menerbitkan sertiifkasi halal bagi industri di Vietnam.

“Karena sejauh ini yang saya pahami sertifikat tersebut disediakan oleh Pemerintah di Indonesia dan ini sangat berharga bagi Vietnam dan industri. Jadi kami berharap dalam waktu dekat sertifikat tersebut dapat diberikan langsung di Vietnam kepada perusahaan-perusahaan Vietnam,” tegasnya.

Selain sektor halal, Van Thong menegaskan peningkatan turis antar kedua negara menjadi focus utama, “dekatnya jarak dan latar belakang sejarah dan budaya membuat banyak warga Vietnam yang dapat berkunjung ke Indonesia berkat adanya penerbangan langsung antar kedua negara,” kata Dubes.

Van Thong menekankan turis dari Indonesia juga dapat menikmati spot unik dan indah di Vietnam, dengan penerbangan relative cepat dalam tiga jam dapat menyatukan Jakarta dan Kota Hi Chi Minh di Vietnam.  (L/RA1/RI-1)

Miraj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rifa Arifin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.