Padamkan Kebakaran Hutan, Helikopter Dikerahkan ke Aceh Barat

Banda Aceh, MINA – Bupati Aceh Barat Ramli MS mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengirimkan satu unit helikopter ke Aceh guna memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di daerah tersebut.

“Kalau tidak ada kendala, Kamis siang helikopternya sudah tiba di Aceh Barat,” kata Ramli, Rabu (7/8).

Kepastian tersebut diperoleh setelah pemerintah daerah mendapatkan informasi dari Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek yang menginformasikan bahwa helikopter tersebut sudah disiapkan untuk menanggulangi pemadaman api di daerah tersebut.

Ramli juga mengapresiasi langkah cepat BNPB yang merespon permintaan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat agar karhutla di daerah ini segera teratasi.

Ia mengakui dampak kebakaran hutan dan lahan, juga mengakibatkan puluhan hektare tanaman produktif milik masyarakat di Aceh Barat ikut terbakar dan mengalami kerusakan.

Dengan adanya pemadaman yang akan dilakukan ini, pemerintah daerah juga meminta masyarakat agar ke depan tidak lagi melakukan pembakaran lahan untuk membuka kebun, karena hal itu sangat berbahaya bagi kelestarian lingkungan dan memicu terjadinya karhutla.

“Saya akan terus memantau perkembangan kebakaran lahan bersama BPBD, TNI, Polri dan pihak terkait setiap hari. Sekaligus memastikan bahwa api benar-benar dapat dipadamkan,” ungkapnya. (L/AP/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)