Sebanyak 13 Jamaah Haji Indonesia Dirawat di KKHI Madinah

PMadinah, MIN – Sebanyak 13 yang ada di Madinah dirawat inap di Klinik Indonesia (KKHI) Madinah. Jumlah itu terdiri atas tujuh laki-laki dan enam jemaah perempuan.

“Totalnya ada 13 pasien jamaah. Yang di RS Arab Saudi ada tiga jamaah. Tapi sudah keluar atau sudah pulang semua,” kata Kepala Tim KKHI Madinah, dr Enny Nuryanti, Ahd (12/6).

Adapun total kunjungan sejak kedatangan jamaah di Madinah sebanyak 55 kunjungan. Namun, seluruhnya mengalami penyakit ringan. Kondisinya tidak parah.

Lebih lanjut dr Enny menyampaikan sejumlah penyakit yang diderita jamaah. “Penyakit terbanyak adalah Cellulitis, Dehidrasi, Diabetes Mellitus, Hipertensi dan luka bakar atau kaki melepuh. Karena cuacanya panas. Dari itu, jamaah diimbau tetap pakai kaus kaki dan sandal jika berada di luar hotel. Banyak minum air putih,” katanya.

dr Enny berharap tidak banyak jamaah yang sakit. Bahkan semua jamaah harus sehat tidak ada yang sakit. Harus tetap menjaga kesehatan. “Semoga tidak ada yang sakit. Itu dia dan harapan saya. Lancar dalam menjalankan ibadah haji,” katanya.

Diketahui, saat ini cuaca di Madinah, rata-rata mencapai 43-46 derajat celsius. Jamaah diharapkan, tidak berkepentingan atau tidak akan melaksanakan ibadah, disarankan untuk berada di pemondokan atau hotel. Jika harus banyak beraktivitas di luar hotel, tetap membawa air minum. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.