Sejak 7 Oktober 2023, Israel Penjarakan 6.255 Warga Palestina

Organisasi hak asasi manusia Palestina mengkonfirmasi Rabu (24/1), bahwa jumlah penangkapan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel di Tepi Barat, sejak 7 Oktober 2023 telah melampaui 6.255 orang. (Photo: PIC)

Ramallah, MINA – Organisasi hak asasi manusia Palestina mengkonfirmasi Rabu (24/1), bahwa jumlah penangkapan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel di Tepi Barat, sejak 7 Oktober 2023 telah melampaui 6.255 orang.

Lembaga-lembaga tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari PIC, jumlah total kampanye penangkapan hingga 24 Januari tahun ini berjumlah lebih dari 6.255 orang di Tepi Barat. Yang tertinggi ada di Kegubernuran Hebron.

Pernyataan itu menunjukkan, pendudukan menangkap 210 perempuan dalam kampanye yang sama. Di antaranya adalah perempuan dan anak perempuan dari wilayah Palestina yang diduduki pada tahun 1948, serta lebih dari 355 kasus penangkapan anak hingga akhir Desember 2023.

Pendudukan telah menangkap 50 jurnalis sejak 7 Oktober 2023, 35 di antaranya masih ditahan, dan 20 di antaranya dipindahkan ke tahanan administratif.

Setelah tanggal 7 Oktober, otoritas pendudukan mengeluarkan 2.990 perintah penahanan administratif (antara yang baru dan yang diperbarui), termasuk perintah terhadap anak-anak dan perempuan.

Lembaga-lembaga tahanantersebut  mengatakan bahwa kampanye penangkapan yang sedang berlangsung disertai dengan meningkatnya kejahatan dan pelanggaran, termasuk penyiksaan, pemukulan parah, dan ancaman terhadap tahanan dan keluarga mereka, selain sabotase yang meluas dan penghancuran rumah warga.

Dia mencatat bahwa pendudukan menyita kendaraan, uang, dan perhiasan emas, termasuk operasi penghancuran besar-besaran yang mempengaruhi infrastruktur perumahan, khususnya di kamp Tulkarm, Jenin.

“Hasil dari kampanye penangkapan setelah tanggal 7 Oktober mencakup semua orang yang ditangkap dari rumah, melalui pos pemeriksaan militer, mereka yang dipaksa menyerahkan diri di bawah tekanan, dan mereka yang disandera,” ungkap pernyataan itu.

“Selain kampanye penangkapan ini, pasukan pendudukan juga melakukan eksekusi di lapangan, termasuk terhadap anggota keluarga para tahanan,” lanjutnya.

Setelah 7 Oktober, 7 tahanan syahid di penjara pendudukan, yaitu Omar Daraghmeh dari Tubas, Arafat Hamdan dari Ramallah, Majid Zaqoul dari Gaza, dan seorang syuhada keempat yang identitasnya tidak diketahui, Abd al-Rahman Mar’i dari Salfit, Thaer Abu Assab dari Qalqilya, dan Abd al-Rahman al-Bahash dari Nablus.

Media pendudukan mengungkapkan data yang menunjukkan kematian tahanan lain dari Gaza di kamp “Sde Teman” di Beersheba, sementara pendudukan hingga hari ini menolak untuk mengungkapkan informasi apa pun mengenai nasib para tahanan Gaza.

Jumlah total narapidana di penjara pendudukan hingga akhir Desember 2023 berjumlah lebih dari 8.800 orang. Di antara mereka terdapat lebih dari 3.290 tahanan administratif, dan 661 tahanan Gaza diklasifikasikan sebagai “pejuang yang melanggar hukum,” dan jumlah ini hanya dapat diketahui secara jelas dari administrasi penjara pendudukan Israel. (T/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.