Sejumlah Dubes Negara Sahabat Dukung Indonesia di Keketuaan ASEAN 2023

Foto: Istimewa

Jakarta, MINA – Sejumlah duta besar (Dubes) negara sahabat menyatakan dukungan untuk Indonesia yang akan mulai menjalankan peran sebagai Ketua ASEAN pada 2023 ini.

Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y Kim, menegaskan dukungan AS untuk bekerja sama dengan ASEAN di bawah kepemimpinan Indonesia.

Dubes Kim berharap Indonesia bisa mengulang kesuksesan sebagai Presiden G20 pada tahun lalu di dalam forum ASEAN tahun ini.

“Kami akan mendukung sepenuhnya keketuaan Indonesia, karena itu adalah kesempatan besar bagi Indonesia untuk menegaskan kembali kepemimpinannya,” tutur Kim seperti dikutip dari Infopublik, Senin (30/1).

Sependapat dengan AS, Dubes Fiji untuk Indonesia Amena Yauvoli juga mengharapkan hasil konkret dari keketuaan Indonesia di ASEAN, khususnya untuk memajukan kerja sama di kawasan Indo-Pasifik.

“Fiji dan Pasifik menilai bahwa ASEAN dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indo-Pasifik di masa depan, jadi kami benar-benar berharap Indonesia akan memainkan peran penting itu, dan kami sebagai negara di kawasan Indo-Pasifik bisa ikut mendapat keuntungan dari kerja sama tersebut,” kata dia.

Sebagai sesama negara kepulauan, menurut Yauvoli, Fiji mengapresiasi kepemimpinan Indonesia untuk mengangkat isu-isu yang dihadapi negara pulau dalam forum global seperti G20 dan ASEAN.

“Ketika Anda bicara tentang negara kepulauan, Indonesia adalah pemimpin kami, yang bisa membawa kita bersama lebih dekat dan mengintegrasikan kita ke dalam paradigma ekonomi yang akan dipimpin oleh ASEAN ini,” tutur dia, mengacu pada Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik.

Sebelumnya, saat Kick Off Indonesia 2023” di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (29/1),L Presiden RI Joko Widodo menegaskan di bawah Keketuaan Indonesia, ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Meskipun dihadapkan dengan berbagai tantangan global seperti krisis ekonomi, krisis energi dan pangan, perang, serta persaingan geopolitik, Jokowi meyakini bahwa ASEAN masih tetap penting dan relevan bagi kawasan dan dunia.

Melalui tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia juga memastikan bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi kawasan, yang sejauh ini selalu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan global. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.