SEKJEN PBB : HOUTHI LANGGAR RESOLUSI DK PBB

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon (Photo : MEMO)
Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon (Photo : MEMO)

News York, 21 Jumadil Akhir 1436/10 April 2015 (MINA) – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon menyatakan, upaya yang dilakukan oleh Houthi dan sekutu mereka di Yaman untuk menguasai secara paksa mengancam otoritas pemerintah yang sah, sebagai pelanggaran resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB.

Ban Ki-moon mengatakan kepada wartawan Kamis (9/4) di New York, “Sejak aksi awal oleh Houthi, situasinya semakin meningkat setelah operasi koalisi militer yang dipimpin oleh Kerajaan Arab Saudi atas permintaan Presiden Hadi”.

Ban Ki-moon meminta pihak yang terlibat untuk berkewajiban menyelesaikan konflik dalam proses politik yang difasilitasi oleh PBB.

“Upaya oleh Houthi dan sekutu mereka untuk mengambil wilayah dengan kekerasan dan merongrong kewibawaan pemerintah yang sah merupakan pelanggaran yang jelas dari resolusi DK PBB dan komitmen mereka dalam proses politik yang difasilitasi PBB”.

Ban mengatakan, serangan udara koalisi dan upaya menghentikan kelompok bersenjata Houthi menambah krisis politik internal menjadi konflik kekerasan regional yang berisiko lebih lama lagi. (T/P002/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0