Sepuluh Jenis Gantungan Baju, Jadi Inspirasi Percantik Hunian

(Foto ilustrasi: Seriau)

Jika dahulu gantungan baju hanya digunakan untuk menata pakaian tetap rapi, sekarang lebih dari itu. Apalagi semakin ke sini pilihan atau jenisnya semakin banyak, fungsinya pun semakin berkembang. Misalnya saja untuk ornamen rumah dan mempercantik hunian yang dimiliki. Tidak hanya bentuknya yang beragam, bahan pembuat gantungan baju juga semakin bervariasi.

Bagi Anda yang sedang berburu gantungan baju, baik itu yang digunakan dalam kamar atau luar ruangan, simak terus ulasan berikut. Akan diberikan 10 jenis gantungan baju yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk pelengkap rumah.

  1. Gantungan Baju Berdiri

Model yang pertama adalah gantungan baju berdiri yang biasanya ada di depan pintu masuk. Biasanya digunakan untuk menggantung baju hangat, topi, tas, sampai dengan payung. Bentuknya kokoh dan biasanya tidak memiliki roda. Untuk bahan pembuatnya, kebanyakan terbuat dari kayu dengan bentuk bercabang. Untuk harganya, mulai dari ratusan ribu.

  1. Gantungan Baju Tubular

Lalu ada gantungan baju tubular yang memiliki bentuk lengkungan, mirip dengan tabung. Umumnya, terbuat dari bahan plastik dan tidak terlalu besar. Bisa digunakan untuk menggantung baju di dalam lemari atau saat dijemur. Karena terbuat dari plastik, pilihan warnanya juga sangat beragam.

Harganya juga sangat murah, jadi salah satu favorit anak kos yang hemat budget. Sayangnya, jenis ini mudah patah, terutama jika digunakan menggantung baju berat seperti jaket.

  1. Gantungan Baju Besi

Kemudian gantungan baju besi. Ada yang bahannya kecil dan tipis. Untuk bentuknya, biasanya bisa dimodifikasi menyesuaikan kebutuhan. Ada pula pilihan lainnya, gantungan baju besi tebal. Untuk yang tebal, kebanyakan dipasang di dinding atau menyatu dengan furnitur lain. Salah satu kelemahan gantungan jenis ini adalah mudah berkarat jika terkena cairan.

  1. Gantungan Baju Plastik Molded

Bentuk gantungan baju molded banyak dipilih untuk pakaian-pakaian formal. Karena memang didesain melengkung di bagian bahunya. Bisa digunakan untuk menggantung baju atau celana. Jika digunakan untuk bawahan, biasanya akan ada tambahan jepitan. Sementara untuk warnanya, gantungan jenis ini kebanyakan adalah hitam dan putih. Bahan pembuatnya beragam, ada besi, kayu, dan juga plastik.

  1. Gantungan Baju Kayu

Jenis gantungan satu ini cocok digunakan untuk baju-baju tebal karena memang kuat. Jika digunakan untuk baju-baju tipis pun juga tidak masalah sama sekali. Bentuknya pun juga kebanyakan sangat simpel dan tidak memakan tempat. Salah satu jenis gantungan baju yang banyak digemari para pria. Bahan kayunya sendiri beragam, mulai dari jati, walnut, dan lain sebagainya.

  1. Gantungan Baju Aluminium

Selanjutnya ada gantungan baju berbahan aluminium yang banyak dipilih karena ringan, bentuknya beragam, dan tahan dari karat. Karena hal itulah, bisa digunakan di dalam atau luar ruangan. Bentuknya, ada seperti hanger, ditempatkan di tembok, ada pula yang berdiri. Versi yang berdiri, biasanya banyak digunakan untuk menjemur baju, mudah dipindah ke luar dan dalam rumah.

  1. Gantungan Baju Vintage Gawang

Jenis gantungan baju ini, biasanya ada di toko pakaian atau tempat-tempat foto. Bisa untuk menggantung banyak baju dan biasanya memiliki roda. Jadi, sangat gampang untuk dipindah. Tidak jarang, bentuk gantungan baju satu ini banyak berada di tempat-tempat syuting, untuk wardrobe artis.

  1. Gantungan Baju Pipa PVC Paralon

Beberapa tahun terakhir, gantungan baju pipa PVC paralon memiliki popularitas yang tinggi. Bahan ini sangat awet, ringan, dan mudah untuk dirangkai. Bahkan, orang-orang memanfaatkan sisa-sisa pipa paralon di rumah untuk membuatnya sendiri. Bentuk gantungan ini juga bisa dibilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan besi atau kayu.

Bagi Anda yang gemar mencari suasana baru dengan berpindah-pindah rumah, gantungan baju dari pipa ini juga gampang dibongkar pasang. Sehingga nanti saat dibawa tidak akan memakan tempat yang terlalu banyak.

  1. Gantungan Baju Berbantal

Kemudian ada gantungan baju berbantal atau yang disebut dengan padded hanger. Bantalan ini biasanya terbuat dari kain-kain lembut, tidak membuat baju kusut. Misalnya saja jenis bahan satin. Karena bentuknya yang lucu, seringkali disertai warna-warna cantik, kebanyakan gantungan baju ini dipilih oleh para wanita.

Sementara penggunaanya, baju-baju seperti lingerie atau busana tanpa lengan lebih direkomendasikan. Karena jika digunakan untuk menggantung baju tebal, bisa membuat tekstur atau volume pada baju. Jika sudah begitu, Anda perlu menyetrika lagi saat hendak menggunakannya.

  1. Gantungan Baju Lapis Karet

Terakhir ada gantungan baju lapis karet. Biasanya, bagian dalamnya terbuat dari aluminium atau besi, luarnya adalah karet. Gantungan baju model satu ini banyak dipilih karena anti slip. Bagi Anda yang selama ini merasa kesusahan memilih hanger karena kebanyakan bajunya licin, gantungan baju lapis karet bisa dipilih.

Ada banyak keunggulan dari gantungan baju ini, mulai dari tahan karat, bahannya cukup tebal, kualitasnya premium, dengan warna-warna yang menarik. Harganya pun juga tidak terlalu mahal, jadi tidak akan terlalu menguras kantong.

Itulah 10 rekomendasi gantungan baju yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk mengisi hunian. Jika sudah menemukan jenis yang cocok, Blibli merupakan tempat yang dapat diandalkan untuk membelinya. Platform marketplace satu ini memiliki banyak kelebihan, antara lain gratis ongkir, packing aman, menawarkan banyak kupon diskon dan promo.(AK/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)