Seskab: Pramuka Bentuk Jati Diri dan Karakter

Jakarta, MINA – Memperingati HUT ke-57 yang jatuh pada Selasa (14/8), Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengaku pernah menjadi aktivis Praja Muda Karana (Pramuka), dan kebetulan menjadi Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) saat SMP dan SMA.

Ia mengatakan, Pramuka membentuk jati diri dan karakter.

“Pengalaman di Pramuka lah yang menempa seseorang, mulai dari kecil, mulai dari muda untuk bisa berorganisasi, dan sekaligus mengenal  teman-teman sesama Pramuka. Saya merasa beruntung menjadi aktivis Pramuka sejak muda,” kata Pramono.

Dikutip dari rilis Setkab, menurutnya, Pramuka sudah mendapatkan tempat yang sangat terhormat dan sangat baik di mata publik.

Bahkan dalam pengamatannya, sekarang ini banyak pemimpin yang dilahirkan dari organisasi Pramuka, karena dulu Pramuka itu semacam diwajibkan di sekolah, sehingga semuanya mengikuti Pramuka.

“Karakter ketika kita ikut perkemahan, kemudian ditempa dengan mengenal alam, lingkungan, sharing dengan teman-teman, terjun ke kegiatan-kegiatan bakti sosial dan lain sebagainya, itu hal yang sangat baik bagi anak-anak kita,” tegas Seskab.

Karena itu secara pribadi, Seskab berharap Gerakan Pramuka ini terus digelorakan, karena inilah yang membentuk karakter anak-anak kita di kemudian hari.

“Mereka menjadi berjiwa gotong-royong, mempunyai empati sosial yang baik, kemudian juga bisa berorganisasi dengan baik,” ujar Seskab. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.