UNIVERSITAS INTERNASIONAL AFRIKA DIDIK RIBUAN MAHASISWA ASING DI USIA 50

Lima puluh tahun Universitas Internasional Afrika. (Gambar: IUA)
Lima
puluh tahun Universitas Internasional Afrika. (Gambar: IUA)

Khartoum, 28 Rabi’ul Awwal 1437/7 Januari 2016 (MINA) – Universitas Internasional Afrika (IUA) di telah mendidik ribuan yang menuntut ilmu pada usianya yang ke-50 tahun.

Pada tanggal 7 Januari 2016, IUA memperingati setengah abad usianya dari berdirinya pada 1966.

Acara ulang tahun itu dibuka oleh Presiden Sudan Omar Al-Bashir yang juga dihadiri oleh Mantan Presiden Tanzania Ali Hasan Muwaini, Menteri Pendidikan Somalia dan para Delegasi Majelis Umana’ ke-22. Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Khartoum melaporkannya, Kamis (7/1) malam.

Beberapa duta besar dan diplomat negara sahabat turut hadir, termasuk  Duta Besar Republik Indonesia untuk Sudan dan Eritrea, Burhanudin Badruzzaman.

Para perwakilan donatur dari 13 negara sahabat turut hadir.

Ribuan mahasiswa asing yang belajar di universitas itu berasal dari sekitar 70 negara, baik yang mendapatkan program beasiswa atau reguler.

Jumlah mahasiswa asal Indonesia sendiri berjumlah hampir 250 orang, banyak dari mereka menekuni ilmu agama dan bahasa Arab.

Indonesia dan Sudan  sudah lama menjalin kerjasama sejak 1998, melalui penandatanganan MoU, baik antar-pemerintah maupun antar-universitas atau pondok pesantren di Indonesia.

Semenjak berdirinya, kampus IUA mengalami perkembangan pesat, terutama dibidang infrastruktur pembangunan dan bertambahnya berbagai fakultas yang sampai saat ini ada sekitar 15 fakultas dan institut. (L/K06/P001)

Mi’raj Islamis News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.