Shin Tae-yong: Taktik dan Performa Timnas U-19 Indonesia Meningkat

Zagreb, Kroasia, MINA – Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa taktik hingga performa skuad Garuda Muda semakin baik dan terus meningkat.

Hal itu disampaikannya jelang Timnas U-19 Indonesia akan kembali menghadapi Qatar yang kedua kalinya pada laga uji coba nanti malam, Ahad (20/9) di Kroasia. Demikian sebagaimana dilansir MINA dari Yonhap News.

Sebelumnya, Pada laga uji coba timnas U-19 Indonesia menghadapi Qatar, Kamis (17/9) lalu, tim asuhan Shin Tae-yong meraih kemenangan tipis 2-1. Ia merasa puas terhadap perkembangan yang ditunjukkan tim asuhannya tersebut.

Laga uji coba itu menjadi kemenangan pertama Witan Sulaeman dkk. Setelah dalam tiga pertandingan sebelumnya mereka kalah dua kali dan meraih hasil imbang sekali. Saat timnas U-19 Indonesia kalah telak dari Bulgaria (0-3) dan Kroasia (1-7) kemudian imbang 3-3 melawan Arab Saudi.

Berkaca dari hasil tersebut, pelatih asal Korea Selatan itu pun memperbaiki apa yang masih kurang dari pertahanan tim. Perbaikan pun terlihat dan dengan kemenangan atas Qatar, Shin Tae-yong memuji para pemain bahwa pemahaman taktik mereka semakin bagus.

“Semakin banyak pemain Indonesia berlatih dan menjalani pertandingan uji coba, semakin baik organisasi dan taktik, mereka akan semakin baik,” kata Shin Tae-yong

Bukan hanya itu, mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu bahkan mengatakan Bagas Kaffa dkk menunjukkan kinerja yang luar biasa.

Menurutnya skuad Garuda Muda saat ini sudah berani bermain habis-habisan dan hal itu terlihat saat Mochammad Supriadi yang terlihat tetap berlari walaupun sudah hampir kehabisan napas.

Hal ini membuat Shin merasa puas karena selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia, pemain timnas U-19 Indonesia benar-benar berusaha memberikan yang terbaik.

“Para pemain telah meningkatkan kemauan mereka untuk bisa bermain sampai akhir. Mereka bermain lebih keras serta kinerja mereka pun meningkat,” ujar Shin Tae-yong.

Pelatih berusia 51 tahun itu bahkan mengatakan akan mendengarkan apa pun yang menjadi keinginan para pemain dan menurutnya apa yang dilakukan Shin Tae-yong itu berhasil.

“Saya memberitahu para pemain: ‘Saya akan mendengarkan apa pun permintaan mereka di luar lapangan, jadi tolong lakukan yang terbaik saat berada di dalam lapangan’. Apa yang saya katakan sepertinya berhasil,” ucap Shin Tae-yong. (T/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)