Sidang Majelis Umum PBB Akan Dibuka Pada 14 September 2021

New York, MINA – (UNGA) ke-76 akan dibuka pada Selasa (14/9) di New York, Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (13/9), Presiden UNGA Volkan Bozkir mengatakan, Sidang Majelis tahun ini kemungkinan akan dihadiri lebih dari 130 pemimpin negara dan pemerintah.

Mereka termasuk 83 pemimpin negara dan 55 pemimpin pemerintahan.

Sebanyak 26 pemimpin akan mengirim pesan video ke debat tersebut, sementara 23 menteri luar negeri juga diharapkan menghadiri sesi tersebut.

Sementara itu, hari pertama Rapat Umum tingkat tinggi PBB ke-76 akan berlangsung pada 21 September 2021. Acara tersebut akan berakhir pada 27 September mendatang

Bozkir mengatakan, dia telah memimpin 101 pertemuan dan mengeluarkan lebih dari 320 resolusi serta mengadakan 16 pertemuan tingkat tinggi selama masa jabatannya.

Dia mencatat, sistem pemungutan suara elektronik diluncurkan selama pandemi Covid-19 untuk memungkinkan PBB bekerja tanpa gangguan dalam keadaan darurat.

Selama masa kepresidenannya, Bozkir telah mengunjungi Qatar, Azerbaijan, Turki, Kuwait, Kenya, Bangladesh, Pakistan dan Rusia.

Abdulla Shahid, menteri luar negeri Maladewa, akan menggantikan Bozkir sebagai presiden Majelis Umum sesi ke-76. (T/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)