Siswa Madrasah Kalteng Raih Prestasi Catur Tingkat Dunia

Murung Raya, MINA – Rafa Firjullah , Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menorehkan prestasi tingkat dunia. Dia meraih medali emas dalam ajang Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 yang digelar di Kuala Lumpur Malaysia.

“Alhamdulillah, Rafa Firjullah bisa sampai babak final dan berhasil meraih medali emas,” kata Kepala MIN 1 Murung Raya Nasrullah melalui pesan whatsapp, Ahad (3/9) malam.

Nasrullah mengatakan, prestasi yang diraih Rafa Firjullah dalam Kejuaran Catur Malaysian Chess Festival menjadi kebanggaan bagi Provinsi Kalimantan Tengah dan Indonesia. Sebelumnya siswa Kelas 6 MIN 1 Murung Raya ini juga pernah menjuarai turnamen catur online junior se-Indonesia.

“Kami keluarga besar MIN 1 Murung Raya bangga atas pretasi yang diraih Rafa Firjullah. Terus berkarya dan berikan inpsirasi kepada semua siswa madrasah Indonesia,” pesan Nasrullah.

Apresiasi senada juga disampaikan Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalteng Achmad Farichin.

“Bangga dan senang atas prestasi yg luar biasa, ini menunjukkan bahwa siswa madrasah dari Kalteng bisa mengharumkan nama bangsa dan negara di mata dunia,” ujar Achmad Farichin melalui pesan singkat.

Sementara Rafa Firjullah mengaku perjalannya untuk menggondol medali emas ini tidak mudah. Ia harus mengalahkan 97 peserta yang rata-rata sudah berpengalaman.

“Alhamdulillah, berkat doa dan usaha keras, saya bisa melalui semua tahapan dengan baik dan menjadi juara I pada ajang Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 ini ,” ujar Rafa.

Age Group Chess Championship KU 16 tahun 2022 ini diikuti enam negara, yaitu Indonesia, Malaysia, China, Filipina, India dan Singapura. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)