SISWA MADRASAH KEMBALI UKIR PRESTASI TINGKAT INTERNASIONAL

Siswa Madrasah asal Indonesia kembali ukir prestasi ditingkat internasional. (Foto: Kemenag)
Siswa Madrasah asal Indonesia kembali ukir prestasi ditingkat internasional. (Foto: Kemenag)

Johor, 7 Rabiul Awwal 1436/29 Desember 2014 (MINA) –  Siswa madrasah kembali mengukir prestasi internasional. Tim robotik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pamulang, Tangerang  Selatan meraih sejumlah medali dan penghargaan pada International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) yang digelar di Johor Malaysia, 23-26 Desember 2014.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Institut Teknologi Surabaya (ITS) dengan Maktab Rendah Sain Mara (MRSM) yakni sekolah unggulan di Johor Baru Malaysia. Lomba ini diikuti sekolah-sekolah dari  negara-negara Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia, Mesir, dan Malaysia, sebagaimana rilis resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Suhadi, Kepala MTsN Pamulang memaparkan bahwa madrasahnya mengirimkan sebanyak delapan siswa yang terbagi ke dalam beberapa tim. Dalam IISRO 2014 ini, Tim MTsN Pamulang mendapatkan Medali Emas kategori Aerial Robot diraih oleh tim Respati dan Fachri, dua Medali perak dari ketegori Aerial diraih oleh tim Gelantung Wafi dan Sura Famdhi Kategori Line Tracer diraih oleh tim Gelantung Wafi dan Daffa Maheswara, medali perunggu kategori Low Cost Robot diraih oleh Tajul Bintang dan Fachri, dan dua Special Award (Harapan III) kategori Aerial diraih oleh 2 tim, yaitu tim Tajul Bintang-Selo Bayu dan tim Emil Faiz -Daffa Maheswara.

“Kriteria lomba ini  kreativitas, inovasi, orisinalitas ide, fungsi praktis, dan kemungkinannya untuk bisa diterapkan di masa depan. Selain itu, dalam beberapa kategori penilaiannya juga didasarkan pada kecepatan dan rendahnya biaya,” jelas Suhadi, Ahad (28/12).

Tentu saja untuk mendapatkan prestasi ini, bakat siswa-siswi MTsN Pamulang di bidang robotik  diwadahi dalam ekskul robotik yang dibentuk kurang lebih satu tahun yang lalu. Pembinaannya dilakukan seminggu sekali setiap hari Sabtu. Menjelang lomba selama kurang lebih satu bulan mereka dibina secara intensif. Mereka juga diikutkan pada lomba-lomba tingkat provinsi maupun nasional.

“Alhamdulilah sebelum berangkat ke Malaysia anak-anak meraih juara 1 lomba robotik tingkat nasional yang diadakan di Alam Sutera Serpong untuk  tingkat SMP/MTs,” terang Kepala MTsN Pamulang dengan gembira. (T/P011/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=229918

Comments: 0