Siswa Madrasah Unjuk Prestasi di Ajang International Young Invention Award

(Foto: Kemenag)

Jakarta,(MINA) – Siswa-siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Surya Buana Malang Jawa Timur unjuk prestasi di ajang internasional. Mereka berhasil meraih sejumlah medali pada International Young Invention Award (IYIA) 2017.

IYIA diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) di Universitas Mercu Buana Jakarta pada 22 – 24 September 2017. Ajang ini diikuti 14 Negara, termasuk Indonesia, Malaysia, India, Filipina, Taiwan, Iran, Myanmar, Mesir, Jordania, dan Thailand.

Kepala MTs Surya Buana Akhmad Riyadi mengaku mempersiapkan anak didiknya untuk mengikuti ajang ini selama tiga bulan. “Dalam tiga bulan itu, kami lakukan beberapa uji coba. Mereka kami karantinakan, biar fokus ke penelitian.”

Dalam kesempatan itu, para siswa MTs Surya Buana mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bahasa Inggris. Mereka juga membuat stand pameran, sehingga pengunjung dapat melihat dan bertanya tentang hasil riset mereka.

Mereka juga diminta untuk presentasi di depan dua juri yang berasal dari luar negeri., demikian siaran pers Kemenag yang dikutip MINA

“Alhamdulillah, mereka mendapatkan banyak medali. Kami senang dan bangga dengan prestasi ini. Kami berharap, ini semua bisa menginspirasi masyarakat Indonesia untuk melakukan penelitian. Kami juga akan mamatenkan hasil riset itu,” katanya. (T/R13/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)