Siswa MTs NU 2 Cilongok Banyumas Juara Lomba Kehumasan Kwarnas Pramuka

, MINA – Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU 2 Cilongok Banyumas Jawa Tengah, menjuarai lomba kehumasan tingkat nasional, kategori Vlog Penggalang. Diraih oleh Syifa Asni Aulia, siswa kelas VIII yang didaulat sebagai juara I pada ajang yang digelar Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Ia mengirimkan vlog dengan judul “Jogo Tonggo”. Karya tersebut didukung oleh Kepala Madrasah MTs. Ma’rif NU 2 Cilongok Nadlir dan para pembina, Henny Dwi Purwaningsih, Ulung Pranata Wibawa, dan Kholidin. Demikian keterangan yang dikutip MINA, Rabu (18/11).

“Ide gagasan ini didapat dari Kak Agus Supriyanto yang menjadi Anggota Mabides yang pernah menjadi Pembina Berprestasi Tingkat Jawa Tengah. Ide ini selaras dengan program “Jogo Tonggo” Gubernur Jawa Tengah,” kata Syifa di Banyumas.

Dalam vlog tersebut, menjelaskan program ketahanan pangan yang menjadi bagian dari Jogo Tonggo dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah untuk menanam agar kebutuhan pangan tercukupi.

Ia mengajak masyarakat menanam sayuran atau tanaman obat yang dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga dan tetangga yang membutuhkan. Kemudian membagikan hasil tanamannya dengan tetangga.

“Pengambilan gambar dilakukan sehari. Saat itu, kebetulan juga sedang ada pelatihan menanam tanaman yang sesuai tema,” ujarnya.

“Ikut membantu, Tim Avantasia dengan juru kamera Kak Iras,” sambungnya.

Sebelumnya, ia meraih penghargaan pada pesta siaga cabang. Bersama regunya, Syifa juga pernah memenangi Indonesia Scout Calengge tingkat Jawa Tengah dan Juara 2 Nasional.

Ia juga pernah meraih Juara 1 Pramuka Garuda Siaga Berprestasi Tingkat Jawa Tengah atau Eagle Scout Award.

Berkat prestasinya tersebut, Ia berkesempatan menjadi Pasukan Tunas Muda (PTM) pembaca Dwi Darma di Banyumas. Padahal, untuk bisa menjadi PTM di Banyumas tidaklah mudah, karena harus bersaing ketat. (R/SH/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.