Dukung Palestina, Umat Islam Banyumas Gelar Aksi Damai 1000 Juz

Umat Islam Banyumas lakukan aksi bela Palestina dengan baca Alquran dan doa bersama (Foto: Irfan/MINA)

, MINA – Banyumas dan sekitarnya, dikoordinir Jama’ah Muslimin (Hizbullah) wilayah Banyumas Raya menggelar kegiatan damai 1000 juz untuk Palestina di Alun-alun Banyumas, Jawa Tengah, Ahad (12/11).

Ketua panitia aksi Sunarto mengatakan, bahwa aksi dilakukan sebagai bentuk dukungan pada perjuangan rakyat Palestina, khususnya di Gaza.

“Di mana kita ketahui di Palestina juga ada masjid Al-Aqsa milik umat Islam yang harus kita perjuangkan dengan berbagai cara salah satunya dengan kegiatan ini,” katanya di sela-sela kegiatan.

Ia menuturkan kegiatan diawali dengan membaca surat Al-Fatihah, Al-Kafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas dan dilanjutkan membaca juz 15, dilanjutkan orasi dan doa bersama.

Sementara itu, Ustaz Mujiburrahman,Lc dalam orasinya mengatakan, “Didiklah anak-anak kita untuk menjadi generasi yang cinta dengan Al-Quran, yang militan untuk mau memahami, mempelajari dan mencintai Al-Qur’an.”

Pasukan pendudukan Israel tidak takut pada omong kosong dari PBB dan diplomasi kecaman para pemimpin Negara, lanjutnya.

“Namun yang mereka takutkan adalah para militan yang hafal Al-Quran,” ujarnya, dalam aksi damai yang diikuti peserta dari Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen dan sekitarnya.

“Mari terus mendoakan Palestina agar segera merdeka dan bebas. Mudah-mudahan Palestina segera merdeka dan tidak dijajah kembali,” imbuhnya.

Ia menambahkan, para pejuang Palestina yang sedang berjuang bukanlah teroris, tapi justru teroris sejati adalah Zionis Yahudi.

“Al-Qassam adalah para pejuang Palestina, sebagaimana pejuang Indonesia seperti Bung Tomo, Jenderal Soedirman, dan lainnya, yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya, siapa saja yang mendukung Zionis sesungguhnya mereka adalah penghianat bangsa.

“Selama bangsa Palestina belum merdeka, maka selama itu pula bangsa Indonesia akan berdiri untuk mendukung kemerdekaan,” tegasnya

Ia juga mengingatkan agar umat Islam memboikot produk-produk yang mendukung Zionis Israel, sebagaimana fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), bahwa haram hukumnya membeli produk dari produsen yang mendukung agresi Israel ke Palestina.

“Apabila kita membeli produk mereka maka sama saja kita mendukung mereka untuk membom warga Palestina, ” pungkasnya.

Aksi tersebut didukung oleh Lembaga Kepalestinaan Aqsa Working Grub (AWG), Maemuna Center (Mae-C), Pondok Pesantren Al-Fatah dan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR).

Aksi damai diisi dengan beberapa rangkaian acara, berupa pembacaan 1000 juz untuk Palestina, orasi, pidato iftitah, penggalang dana dan doa bersama untuk Palestina.

Berdasarkan pantauan, masa aksi berkumpul di alun-alun Banyumas sejak pukul enam pagi. Para peserta mengenakan atribut dan assesoris Palestina, seperti bendera Palestina dan Indonesia, syal, dan poster-poster solidaritas, sebagai simbol solidaritas terhadap Palestina. Aksi damai selesai sekitar pukul sembilan.

Menurut Panitia, sekitar 150 aparat kemanan dari Polri dan TNI hadir untuk menjaga keamanan pelaksana aksi damai berjalan lancar.

Aksi-aksi solidaritas Palestina di Wilayah Banyumas Raya dan wilayah-wilayah lain di seluruh Indonesia digelar dalam rangkaian Bulan Solidaritas Palestina (BSP) sepanjang bulan November 2023, yang dicanangkan oleh Lembaga Kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG).

Khusus pengalangan donasi Palestina, AWG menyalurkannya 100% untuk warga Palestina, khususnya yang berada di Jalur Gaza yang mengalami dampak terbesar serangan pasukan Pendudukan Zionis Israel. Penyaluran ke warga Palestina dikoordinir langsung oleh Biro AWG Palestina di Jalur Gaza.

Donasi untuk Palestina dapat dikirim melalui Donasi Bantuan Kemanusiaan Palestina : BSI Kode Bank 451, No. Rek 7203236594 a.n. Aqsa Working Group, dan Konfirmasi SMS/WA ke 0812-1111-8512 (Nitta).

Rekap terkini donasi Bantuan Kemanusiaan Palestina yang diterima AWG per 10 November 2023, pukul 00.00 WIB, total Rp.1.947.741.899,-

AWG dapat diakses melalui Website : aqsaworkinggroup.com atau awg.or.id, serta akun medsos Instagram : @aqsaworkinggroup. (L/ltf/B02/B04/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.