Siswa MTsN 1 Pati Juara 1 Nasional Pencak Silat Tunggal Putra SPOC

Pati, MINA – Muhammad Faiq Izza Mahendra, siswa meraih Juara 1 Kategori Seni Tunggal Putra Pra Remaja dalam ajang Semarang Pencak Silat Open Championship (SPOC) tingkat nasional.

Acara ini merupakan gelaran kompetisi pencak silat kali kedua, setelah penyelenggaraan pertama pada 2019 yang berlangsung di Gelora USM Semarang, 9-11 September 2022.

SPOC diikuti 1.371 pesilat dari berbagai provinsi, antara lain: Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Perhelatan  ini diselenggarakan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Semarang. IPSI merupakan sebuah wadah organisasi bagi seluruh jajaran pencak silat Indonesia yang sudah berdiri sejak 18 Mei 1948.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan bangga telah mendapatkan juara 1. Saya sangat senang karena perjuangan latihan berbulan-bulan tak sia-sia,” kata Faiq di Pati, Selasa (13/9).

Faiq menceritakan, dirinya tertarik mengikuti pencak silat karena termotivasi dari sang ayah. “Saya tertarik dalam pencak silat karena orang tua, lebih tepatnya papa. Papa saya telah menguasai ilmu pencak silat dari lama,” ujar Faiq.

Siswa yang telah menekuni bidang pencak silat sejak kelas empat Sekolah Dasar ini berhasil mengumpulkan puluhan gelar juara. Selama mengenyam pendidikan di MTsN 1 Pati, selain mendapatkan juara 1 dalam SPOC, sederat prestasi telah diraih Faiq.

Ia tercatat menjadi Juara 1 Pencak Silat Virtual Kabupaten Pati Kategori Seni Tunggal (2021), Juara 1 Pencak Silat Virtual Kategori Seni Tunggal dalam memperingati Hari Guru Nasional, Juara 2 Pencak Silat Virtual Kabupaten Pati Kategori Seni Tunggal, Juara 1 Pencak Silat Kategori Tanding memperingati HUT SMK BTB Juwana (2022), Juara 2 Pencak Silat Kategori Tanding Popda Kabupaten Pati (2022), Juara 3 dalam ajang Pencak Silat Open Turnamen Championship 2 Piala Bupati Blora Kategori Tanding (2022), dan Pesilat Terbaik Juara 1 Kategori Tanding Kejuaraan PSHT SMALFA CUP Winong. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.