Siswa SMA Islam Athirah Makassar Raih Juara 2 Kompetisi Internasional

Makassar, MINA – Siswa-siswi SMA Islam Athirah 1 Makassar berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi internasional karya ilmiah inovatif bidang ilmu hayati, yakni pemanfaatan tumbuhan eceng gondok menjadi tisu.

Sekolah binaan Yayasan Hadji Kalla itu mencatat prestasinya ke tingkat internasional pada ajang World Invention Innovation Contest (WIC) 2020 yang digelar di Korea Selatan, Rabu (9/9).

Siswa-siswi SMA Islam Athirah 1 Makassar yang berprestasi itu adalah St. Rahma Rahim, Nurnabilla Syfadewi Attaya, dan Nawwarah Liyana Zafira Aminanti. Ketiganya saat ini duduk di bangku kelas XII MIPA 1. Demikian dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Jumat (11/9).

Sebelumnya, mereka dinobatkan sebagai juara 2 nasional dalam ajang National Science Innovation Expo 2019 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Sains Fisika UIN Sunan Gunung Djati pada 23 November lalu di Bandung.

Kemenangan tersebut mengantarkan mereka berkompetisi ke tingkat internasional. Tim Eichracial-T (sebutan untuk Tim SMA Islam Athirah 1 Makassar) dinobatkan sebagai juara 2 dan ketiganya pun mengungkapkan perasaan syukur, bahagia, dan bangga.

“Rasanya bangga dan senang, karena perjuangan selama ini terbayarkan, alhamdulillah kami sangat bersyukur,” kata Nabilla.

Sementara Rahma Rahim juga turut mengungkapkan rasa syukurnya usai berhasil menjadi juara. “Pastinya beryukur, senang, bahagia dan bangga,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Nawwarah Liyana Zafira Aminanti. “Senang sekali rasanya, apalagi ini pertama kali bagi saya, jadi ada pengalaman baru,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. turut merasa bangga atas prestasi siswanya. Ia pun menyampaikan ucapan selamat kepada tim Eichracial-T yang telah mengharumkan nama Sekolah Islam Athirah.

“Tentunya kami bangga, anak-anak kita bisa memberikan yang terbaik buat kita semua. Selamat, Anda adalah siswa terbaik yang bisa menginspirasi siswa lainnya menghasilkan karya terbaik untuk sekolah dan Indonesia,” kata Tawakkal dalam sebuah pertemuan virtual bersama tim Eichracial-T.

Kemudian, Direktur Sekolah Islam Athirah H. Syamril, S.T., M.Pd. juga menyampaikan ucapan selamat kepada tim Eichracial-T. Ia berharap Eichracial-T dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

“Selamat atas pencapainnya, semoga bisa menjadi sejarah baru di Athirah, dan semoga nantinya bisa menghasilkan temuan-temuan baru lagi yang bisa menginspirasi kita semua,” ucapnya. (R/R11/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.