Sumatera Barat Raih Dua Penghargaan Halal Terbaik Dunia

Sumbar, 8 Rabiul Awwal 1438/ 8 Desember 2016 (MINA) – Sumatera Barat secara resmi memenangkan dua penghargaan halal terbaik dunia saat mewakili Indonesia, diantaranya World’s Best Halal Destination dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam akun Instagramnya pada Kamis (8/12), menyampaikan rasa syukur karena pada 7 Desember 2016, Sumatera Barat berhasil memenangkan kompetisi halal tingkat dunia “The World Halal Tourism Award 2016”.

“Saya sebagai Gubernur Sumatera Barat sangat berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungan penuh kepada kami dalam proses yang luar biasa ini, baik dari segi timing maupun competitor yang dihadapi, selain dua kategori tersebut Sumbar juga berhasil masuk dalam kategori khusus World’s Best Halal Tour Operator atas nama Ero Tour,” kata Gubernur Irwan

Gubernur Irwan mengatakan, tidak mudah mencapai kemenangan karena nominasi dari negara-negara lain juga memiliki destinasi yang laur biasa.

“Adalah tidak mudah mencapainya, karena harus menghadapi nominasi hebat lainnya seperti Turki, Abu Dhabi, Dubai, Malaysia, dan Palestina. Pada babak penyisihan lima besar, kami masuk di tiga besar, dan pada babak final kami dinyatakan sebagai pemenang oleh Komite Dewan Juri yang merupakan para professional di bidang pariwisata dari beberapa negara,” ujar Gubernur yang baru-baru ini daerah yang dipimpinnya itu mendapatkan penghargaan “Anugerah Dana Rakca 2016 dan Dana Insetif Daerah (DID) 2017.

Gubernur Irwan berharap kedepannya Sumbar harus meningkatkan kinerja untuk terus meraih penghargaan baik pariwisata maupun kategori lainnya.

“Setelah ini, tentu akan lebih berat lagi, yaitu meningkatkan seluruh infrastruktur dan edukasi bagi seluruh komponen mendorong pariwisata, untuk menyambut kedatangan para wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Komitmen membangun pariwisata halal dengan tetap menjaga budaya luhur Minangkabau, yaitu Adata basandi Syara’, Syara’ bsandi Kitabullah,” tegas Gubernur Irwan.

Dari situs International Travel Week Abu Dhabi (ITW Abu Dhabi), Indonesia meraih 12 penghargaan dari total 16 kategori yang dilombakan dalam kompetisi wisata halal dunia.

Berikut adalah daftar lengkap kategori yang berhasil dimenangkan oleh Indonesia di ajang World Halal Tourism Awards 2016, sebagaimana dikumpulkan detikTravel.

1. World’s Best Airline for Halal Travellers, winner: Garuda Indonesia
2. World’s Best Airport for Halal Travellers, winner: Sultan Iskandar Muda International Airport, Banda Aceh
3. World’s Best Family Friendly Hotel, winner: The Rhadana Kuta, Bali
4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, winner: The Trans Luxury Hotel Bandung
5. World’s Best Halal Beach Resort, winner: Novotel Lombok Resort & Villas
6. World’s Best Halal Tour Operator, winner: ERO Tour, Sumatera Barat
7. World’s Best Halal Travel Website, winner: www.wonderfullomboksumbawa.com
8. World’s Best Halal Honeymoon Destination, winner: Sembalun Valley Region, NTB
9. World’s Best Hajj & Umrah Operator, winner: ESQ Tours and Travel, Jakarta
10. World’s Best Halal Destination, winner: Sumatera Barat
11. World’s Best Halal Culinary Destination, winner: Sumatera Barat
12. World’s Best Halal Cultural Destination, winner: Aceh

(L/P007/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.