Tapak Suci Adakan Ujian Kenaikan Tingkat Kader Se-Lampung

(Doc. Infometro)

Metro, MINA – Putera Muhammadiyah mengadakan (UKT) Tapak Suci Putera Muhammadiyah se-Lampung Tahun 2022, berlangsung di Gedung Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Sabtu (31/12).

Peserta kader sejumlah 105 peserta, terdiri dari Kader Utama 15 peserta, Kader Kepala 10 peserta, Kader Madya 21 peserta, dan Kader Muda 59 peserta.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, membuka dan mengapresiasi terlaksananya ujian kenaikan tingkat kader tapak suci putera Muhammadiyah se-Lampung tahun 2022. Dengan harapan dapat menghasilkan bibit-bibit atlet yang berprestasi.

“Kami sangat menyambut baik atas dilaksanakannya Ujian Kenaikan Tingkat bagi Kader Tapak Suci Putera Muhammadiyah, diharapkan dapat mengharumkan nama Kota Metro dan Provinsi Lampung pada event-event olahraga nasional maupun manca negara,” ujarnya.

Wahdi juga mengungkapkan, olahraga Tapak Suci tidak saja berfungsi sebagai seni bela diri, membina fisik dan mental serta mengembangkan budi pekerti luhur dan jiwa satria, tetapi juga dapat dijadikan sarana untuk meraih cita-cita.

“Untuk meraih prestasi, tentunya selain dibutuhkan usaha dan latihan yang terus-menerus dan terarah, juga dibutuhkan mental dan pengalaman bertanding. Dan untuk mencapai tahapan tersebut tentunya harus melalui tahapan ujian kenaikan tingkat, guna bisa mengembangkan keahlian dan pengalaman diri ke tingkatan yang selanjutnya,” tambahnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu sarana bagi para peserta untuk menimba pengalaman, sekaligus membuktikan prestasi dan hasil latihan yang telah dijalani secara rutin selama ini, serta dalam rangka meningkatkan kapasitas diri.

“Dengan demikian diharapkan dapat memberikan pengalaman, serta dapat memacu untuk terus belajar guna meraih prestasi yang lebih baik lagi. Dimana tapak suci merupakan olahraga yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budi pekerti, sopan, santun, sportivitas dan saling menghormati satu sama lain. Semoga melalui ujian ini akan lebih meningkatkan semangat para peserta untuk semakin mendalami dan mencintai olahraga,” ujar Wahdi.

Dalam mengakhiri sambutannya, Walikota Metro Wahdi juga berpesan kepada panitia penyelenggara dan Tim Penguji, untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing.

“Berikan penilaian yang objektif, terhadap para peserta ujian, sehingga keseluruhan penyelenggaraan ujian dapat berlangsung baik dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama. Serta, kepada segenap peserta ujian, untuk senantiasa dapat menjaga stamina dan performa sehingga dapat meraih hasil terbaik,” pesannya.

Pimpinan Wilayah 11 Tapak Suci Putra Muhammadiyah (TSPM) Lampung, Jazim Ahmad, menyampaikan harapan proses kegiatan ujian kenaikan tingkat kader se-Lampung Tahun 2022 ini akan menghasilkan pendekar yang berkualitas.

“Untuk peserta ujian, kegiatan ini bukan ajang berlomba untuk memiliki pangkat tinggi, akan tetapi peningkatan kewajiban akan kemampuan untuk terus meningkatkan, kebermanfaatan dirinya baik untuk dirinya dan orang lain. Semakin tinggi tingkatannya, maka dituntut untuk semakin tinggi akhlak moral dan keimanannya, serta kebermanfaatannya bagi sesama,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman, Marzuki Noor selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro, Ketua Pimpinan Wilayah 11 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Lampung Jazim Ahmad selaku Rektor UM Metro, Para Ketua Pimpinan Daerah Tapak Suci Putera Muhammadiyah se-Wilayah Lampung, Para Pendekar Tapak Suci se-Provinsi Lampung, Tim Penguji Kader Tapak Suci.

Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.