Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Teladan Nabi dalam Memperlakukan Istri-Istrinya

Ali Farkhan Tsani Editor : Rudi Hendrik - 21 detik yang lalu

21 detik yang lalu

0 Views

ilustrasi rumah tangga

Maulid Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bukan hanya identik dengan kelahiran Nabi. Namun, yang jauh lebih  penting adalah mengambil hikmah dengan meneladani beliau dalam kehidupan sehari-hari.

Termasuk meneladani bagaimana perlakuan terbaik beliau terhadap keluarganya, khususnya terhadap istri-istrinya.

Berikut beberapa perlakuan terbaik Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam terhadap ibunya orang-orang beriman (ummul mukminin), di antaranya:

  • Mengarahkan istri-istrinya untuk ibadah

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menekankan istri-istrinya untuk taat kepada Allah.

Baca Juga: Indahnya Taat Bagi Seorang Muslimah

Beliau tidak segan membangunkan istrinya, Aisyah radhiyallahu ‘anha, untuk shalat malam.

  • Tidak memberatkan istrinya

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai suami menginginkan kemudahan bagi istri-istri beliau. Dan ini merupakan karakter beliau yang suka mempermudah urusan orang lain.

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, mengatakan, yang artinya, “Rasulullah tidaklah dihadapkan pada dua pilihan, melainkan ia pilih yang paling mudah di antara keduanya. Selama itu bukan sebuah dosa.”

  • Sangat mempercayai istri-istrinya

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sangat mempercayai istri-istrinya dan tidak pernah mengkhianatinya sekecil apa pun.

Baca Juga: Tujuh Ciri Wanita Modern yang Jauh dari Syari’at

Maka, beliau sangat mempercayai apa yang dikerjakan istri-istrinya saat beliau melaksanakan tugas-tugas kenabian, memimpin peperangan berbulan-bulan, dan saat di rumah.

  • Minum di gelas yang sama

Belaian yang baik beliau tunjukkan dalam minum, yang kelihatannya sepele. Beliau jika disodori segelas air minum, istrinya diminta minum terlebih dahulu.

Ini seperti diakui salah satu istri beliau, Aisyah radhiyallahu ‘anha. Dia mengatakan bahwa ketika dia sedang haid dan menyerahkan segelas air minum kepada Nabi, Nabi memintanya untuk minum lebih dulu. Kemudian Nabi meletakkan mulutnya di gelas bekas Aisyah minum.

  • Mandi di satu wadah yang sama

Aisyah ummul mukminin mengabarkan sebagian momen pribadinya bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, di antaranya ia pernah mandi junub bersama beliau dari satu bejana air. Aisyah berdua Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menggayung air secara bersamaan.

Baca Juga: Wahai Muslimah, Inilah Keistimewaanmu dalam Islam

  • Menghormati keluarga dan teman

Aisyah pernah merasakan cemburu pada istri pertama Nabi yaitu Khadijah. Padahal Khadijah sudah wafat.

Pasalnya, Nabi jika menyembelih seekor domba, Nabi akan membagikan dagingnya untuk kerabat dan teman-teman almarhumah Khadijah.

Di sini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan bagaimana menghormati keluarga dan teman-teman istrinya, walapun istrinya telah meninggal.

  • Merawat istri ketika sakit

Memang istri-istri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak ada yang pernah sakit yang memerlukan perawatan khusus. Namun, beliau sangat perhatian terhadap para sahabatnya jika istri mereka sedang sakit, yang perlu perawatan khusus. Maka beliau mengarahkan sahabatnya itu untuk memprioritaskan mendampingi dan merawat istrinya.

Baca Juga: Kekuatan Dalam Kelembutan, Potret Muslimah Penggerak Perubahan

Salah satu kebijakan beliau adalah ketika sahabat Utsman bin Affan minta izin tidak ikut berangkat dalam Perang Badar karena harus merawat sang istri yang sedang sakit.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pun memberikan izin dan mengatakan kepada sahabat Utsman bin Affan bahwa Utsman memperoleh pahala yang sama seperti orang yang ikut Perang Badar, karena merawat istri yang sakit.

  • Bersandar di pangkuan istri

Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam biasa meletakkan kepalanya di pangkuan Aisyah, padahal Aisyah sedang haid.

  • Mengajak bepergian

Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam jika hendak bepergian, ketika akan berperang misalnya, beliau biasanya mengundi di antara istri-istrinya, untuk diajak bersama beliau menemani perjalanan beliau.

Baca Juga: Wanita Salihah, Sebaik-baik Perhiasan Dunia

  • Menghibur sang istri

Tatkala Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersama istrinya, Shafiyah, beliau mengusap air mata Shafiyah dengan tangannya saat Shafiyah menangis.

Kejadian tersebut terjadi ketika Shafiyah bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam perjalanan.

Hari itu adalah giliran Shafiyah membersamai Nabi. Akan tetapi, kendaraan yang ditumpangi Shafiyah sangat lambat jalannya. Lantas, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berhenti dan menghampiri kepadanya, dan tampak Shafiyah menangis. Diapun berkata, “Engkau membawaku di atas unta yang lamban.”

Kemudian Rasulullah mendekatinya dan menyeka air mata Shafiyah dengan kedua tangannya.

Baca Juga: Perempuan ICMI: Hati-Hati Dalam Membuat Aturan Terkait Hak Muslimah

  • Tetap perhatian kepada istri yang berhalangan

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tetap memperhatikan kepada istri-istrinya, yang dalam keadaan berhalangan (haid) sekalipun.

Beliau memberikan contoh yang baik, tidak seperti orang-orang Yahudi yang tidak mau makan dan minum satu meja bersama istri, ketika istri sedang berhalangan.

  • Memperhatikan penampilan diri

Ketika Nabi memasuki rumahnya, terlebih ketika hendak menemui istrinya, beliau akan mulai dengan membersihkan dirinya, bersiwak terlebih dahulu, dan berdandan atau berpenampilan diri yang menarik (memakai pakaian yang bagus, memakai parfum).

  • Memaklumi kekurangan istri

Adalah baginda Nabi sangat memaklumi kekurangan yang terdapat pada istri-istrinya. Jika ada  sesuatu yang mungkin tidak disukainya, beliau tidak lantas membencinya.

Baca Juga: Muslimat dan Dakwah, Menyebarkan Kebaikan Melalui Akhlak Mulia

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memberikan nasihat kepada para sahabatnya, dengan wejangan, “Seorang mukmin laki-laki tidak boleh membenci mukmin perempuan. Jika dia tidak menyukai salah satu sifat wanita tersebut, maka dia akan senang dengan sifat yang lain.”

  • Memanggil dengan nama yang baik

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam suka memanggil dengan panggilan yang baik, seperti kalau memanggil ‘Aisyah, istrinya, dengan “Ya Khumaira”.  (wahai yang kemerahan).

  • Membantu pekerjaan rumah

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak sungkan membantu pekerjaan di rumahnya, seperti menambal pakaiannya yang robek, memerah susu dombanya, dan melayani kebutuhan dirinya sendiri.

  • Mencium istri saat keluar rumah

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah mencium istrinya, ketika keluar rumah untuk shalat berjamaah di masjid.

Baca Juga: Pendidikan Muslimat: Fondasi Kuat bagi Generasi Qur’ani

  • Mengajak bermain

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam acapkali mengajak istrinya bermain. Mulai dari sekedar jalan kaki, sampai adu berlari.

  • Tidak pernah mencela

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak pernah mencela makanan atau minuman yang disajikan istrinya. Jika beliau menginginkan makanan itu, maka ia memakannya, jika beliau tidak suka, beliau tidak mencelanya, hanya tidak memakannya.

  • Tidak pernah membentak apalagi memukul

Seluruh istri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menjadi saksi bahwa sepanjang mereka berumah tangga dengan Nabi, Nabi tidak pernah sekalipun membentak, berkata kasar, apalagi sampai memukul istrinya. Jika pun beliau marah, beliau hanya memberikan nasihat atau paling pauncak sekedar mendiamkan istrinya sesuai batas waktu.

Begitulah bagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sangat memperhatikan istri-istrinya dengan perlakuan yang terbaik.

Baca Juga: Wahai Istri, Dalam 6 Hal Ini Tak Perlu Taati Suami

Beliau juga berpesan kepada para  suami dalam memperlakukan istrinya, dengan nasihatnya, di antaranya, “Perlakukanlah wanita dengan baik, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, dan bagian tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya jika dibiarkan maka akan tetap bengkok, maka perlakukanlah wanita dengan baik.”

Pesan tersebut mengandung pemahaman yang sangat indah tentang hakikat wanita, wabil khusus istri di rumah tangga.

Perpaduan keteladanan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam ketaatan kepada Allah, perhatian pada ibadah, berpaut dengan kemesraan, romantisme, kegembiraan sekaligus saling menghargai satu dengan yang lainnya.

Patut kiranya menjadi contoh kita semua sebagai umatnya. []

Baca Juga: Peran Muslimat dalam Menjaga Kesatuan Umat

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Dunia Islam
Indonesia
Khadijah
MINA Health
MINA Health