Tentara AS Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter di Afghanistan

Helikopter tentara Amerika Serikat di . (Foto: dok. Press TV)

Kabul, MINA – Seorang tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan enam lainnya terluka setelah helikopter mereka jatuh di Afghanistan, mengklaim mereka telah menembak jatuh pesawat.

Misi Dukungan Tegas pimpinan NATO di Afghanistan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (28/10), insiden tersebut terjadi Jumat malam di provinsi Logar, sebelah selatan Kabul.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa kecelakaan itu bukan hasil tembakan musuh dan lokasi kecelakaan telah diamankan.

“Dukungan Tegas sedang menyelidiki keadaan kecelakaan untuk menentukan lebih banyak fakta dan akan merilis rincian yang relevan sebagaimana mestinya,” kata pernyataan itu. Demikian Press TV memberitakan yang dikutip MINA.

“Seorang anggota layanan AS tewas akibat luka yang diderita saat kecelakaan helikopter,” kata Dukungan Tegas.

Sementara di Twitter, Taliban mengklaim bahwa pejuangnya yang menjatuhkan helikopter tersebut.

Namun, juru bicara gubernur provinsi Salim Saleh menolak klaim Taliban tersebut. Ia mengatakan bahwa pesawat tersebut menabrak pohon setelah operasi “sukses” di distrik Kharwar.

Amerika Serikat di bawah Presiden George W. Bush dan sekutunya menyerang Afghanistan pada tanggal 7 Oktober 2001. Serangan tersebut menyingkirkan Taliban dari kekuasaan, tapi setelah 16 tahun, pasukan asing masih ditempatkan di negara tersebut. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)