Thailand Beli Garbarata Senilai 7,5 Juta Dollar AS untuk Bandara Don Muang

Perusahaan Indonesia, PT Bukaka Teknik Utama menandatangani MoU kontrak dengan perusahaan lokal Thailand, M-Solution Co., Ltd (foto: KBRI Bangkok)

Thailand, MINA – Perusahaan Indonesia, Teknik Utama menandatangani MoU kontrak dengan perusahaan lokal Thailand, M-Solution Co., Ltd senilai 7,5 juta dolar AS (sekitar Rp 100 miliar) di Bangkok pada Selasa (22/10).

Kontrak itu untuk pengadaan 33 unit garbarata dan tiga unit walk way di Bandara Don Mueang Bangkok yang akan diselesaikan dalam jangka waktu satu tahun dan dimulai pengiriman pada Januari 2020.

Penandatanganan MoU kontrak itu diwakili oleh Direktur Operasional dan Sumber Daya Manusia (SDM), Saptiastuti Hapsari serta disaksikan juga oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi dan Direktur Pelaksana Bank EXIM Indonesia, Dikdik Yustandi.

Dalam sambutannya, Dubes Rusdi menyampaikan rasa bangga akan bertambahnya jumlah perusahaan Indonesia yang berhasil melakukan ekspansi bisnis ke Thailand. Kerja sama tersebut diharapkan akan membantu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia sebagaimana target Pemerintah Indonesia.

Rusdi juga menekankan keberlanjutan dukungan KBRI kepada PT Bukaka dan perusahaan Indonesia lainnya dalam memperkuat hubungan dan kerja sama bisnis dengan pihak-pihak terkait di Thailand.

PT Bukaka dari Kalla Group dikenal unggul sebagai perusahaan industri yang memproduksi garbarata atau jembatan antara ruang tunggu penumpang dan pesawat.

Perusahaan itu memiliki pengalaman hampir 41 tahun dalam bidangnya dan berhasil mengekspor garbarata dan walk way diantaranya ke Singapura, Malaysia, Hong Kong, Jepang, India, Chile, dan Bangladesh.

Dukungan terhadap pencapaian kerja sama PT Bukaka dengan Thailand tersebut diberikan juga oleh Bank EXIM terkait pembiayaan, garansi dan jaminan terhadap kegiatan ekspor perusahaan Indonesia.

Sementara itu, Direktur Operasional dan SDM, Saptiastuti Hapsari menyampaikan harapannya agar kerja sama dengan otoritas Thailand ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan di masa depan.

Peluang kerja sama bilateral bidang perdagangan dan investasi antara Indonesia-Thailand sangat luas dan diperlukan upaya bersama yang kuat untuk mencapai hubungan ekonomi yang saling menguntungkan. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)