Tiga Wartawan MINA Dinyatakan Kompeten

Acara penutupan Uji Kompetensi Wartawan Angkatan Pertama dari Program CSR PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) bekerjasama dengan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) atau UPDM (B) di kampus FIKOM UPDM Jakarta, Jumat (10/9/2021).(Foto: Rana/MINA)

Jakarta, MINA – Tiga orang wartawan Kantor Berita MINA yakni Widi Kusnadi, Rana Setiawan dan Rifa Berliana Arifin, dinyatakan kompeten dalam Uji Kompetensi Wartawan Angkatan Pertama dari Program CSR PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) bekerjasama dengan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) atau UPDM (B), pada Kamis-Jumat (9-10/9).

Ketua panitia yang juga menjabat Ketua Program Studi Komunikasi UPDM H.M. Saefullah menjelaskan, UKW angkatan pertama ini diikuti 26 wartawan kategori muda, dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Alhamdulillah, kita masih bisa menggelar UKW di saat kondisi masih pandemi, meskipun dengan situasi berbeda dari biasanya. Bagi Lembaga UKW FIKOM UPDM sendiri ini adalah angkatan 16,” kata Saefullah saat menutup UKW Angkatan Pertama, di kampus FIKOM UPDM Jakarta, Jumat (10/9).

Para penguji adalah Retno Intani, Wahyuni M. Pratopo, Aat Surya Safaat, Mohammad Nasir,  dan Elik Susanto.

Dewan Pers membagi level kompetensi seorang jurnalis  dengan tiga level yakni level muda, madya, dan utama.

Saat ini, di Indonesia terdapat sekitar 120 ribu orang wartawan, namun sejak diwajibkannya sertifikasi wartawan oleh Dewan Pers sebagaimana amanat undang-undang, baru sekitar 28 ribu orang yang memiliki Sertifikat Kompetensi Wartawan.

Pelaksanaan UKW angkatan pertama ini berlangsung pada September hingga Oktober 2021 dan ditargetkan akan diikuti kurang lebih 80 orang wartawan yang terbagi menjadi empat angkatan.

Angkatan pertama berlangsung pada Kamis-Jumat (9-10/9), angkatan kedua akan berlangsung pada Sabtu-Ahad (11-12/9), sedangkan untuk angkatan ketiga dan empat direncanakan pada pertengahan Oktober 2021.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.