Timnas Sepakbola Pelajar Indonesia Raih Runner-Up di Guangzhou

Timnas U-16 Pelajar Indonesia (foto: dok/KJRI Guangzhou)

Guangzhou, MINA – Timnas U-16 Pelajar Indonesia meraih Runner-Up dalam International Youth Football Tournament 2019 di Guangzhou, China.

Konsul Jenderal RI di Guangzhou, Gustanto di Konsulat Jenderal RI di Guangzhou mengucapkan selamat kepada Timnas U-16 yang berhasil melaju ke final sebelum akhirnya takluk di tangan Korea Utara dengan skor 1-3.

“Bisa tampil di final sudah merupakan prestasi yang luar biasa. Apalagi pada pertandingan sebelumnya menang sangat meyakinkan dari lawan-lawan yang tangguh,” ujar Konsul Jenderal.

Menurut siaran pers Konsul Jenderal di Guangzhou, Jumat (26/7), Indonesia sempat unggul cepat di menit-menit awal lewat sentuhan cantik Ferdi. Sayang keunggulan tersebut tidak dapat dipertahankan. Pada babak pertama, Korea Utara berhasil menyamakan kedudukan hingga akhirnya berbalik unggul di penghujung babak kedua.

Indonesia memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada babak kedua melalui hadiah penalti. Namun, peluang tersebut lepas setelah algojo penalti Reza yang juga top skor Timnas dengan tujuh golnya belum berhasil melesakkan si kulit bundar.

Pada laga sebelumnya, Timnas U16 mengandaskan tim Tiongkok 1 dengan skor 4-1; melibas Taiwan dengan skor 8:0, menang dari Tiongkok 2 dengan skor 3-1; menang meyakinkan dari Tiongkok 3 dengan skor 11-0 dan menaklukan Hongkong dengan skor 2-0.

Timnas U16 berada di Wuzhou, Tiongkok pada 17-24 Juli 2019 untuk berkompetisi pada event tahunan “Dreams Come True (DCT) – International Youth Football Tournament.

Kekalahan ini mengulang peristiwa serupa pada ajang yang sama tiga tahun lalu, di mana Indonesia kalah 4-0 dari Korea Utara di babak final.

Manajer Timnas U-16 Arlende Gillian mengakui bahwa Korea Utara adalah lawan yang tangguh dan memiliki tradisi juara di DCT.”Kita perlu akui Korea Utara bermain taktis dengan penguasaan bola yang baik,” sambung Arlende.

Kepada Konjen RI di Guangzhou, Arlende berharap bibit-bibit muda Indonesia ini dapat terus memoles kemampuannya dengan mengecap lebih banyak pengalaman di tingkat internasional. (T/Sj)

Mi’raj News Agency (MINA)