Tradisi Medali Emas Indonesia di Olimpiade

Oleh: Lailatul Mukarromah, Wartawan MINA

menjadi cabang olahraga penyumbang tetap bagi Indonesia diajang sejak tahun 1992 hingga 2020 ini, kecuali pada Olimpiade London tahun 2012.

Pasangan ganda puteri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil memenangi partai final bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo pada Senin, 2 Agustus 2021 di Musashino Forest Sport Plaza. Tokyo, Jepang. Kedua pebulutangkis asal Sulawesi itu berhasil melanjutkan tradisi emas Indonesia di ajang olahraga terakbar sedunia tersebut.

Mulanya bulutangkis barulah dengan status didemonstrasikan (demonstration sport) pada Olimpiade Munich 1972, kemudian meningkat menjadi  cabang ekhibisi (exhibition sport) pada Olimpiade Seoul 1988, lalu menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade sejak Olimpiade Barcelona 1992.

Berikut daftar beberapa atlet bulutangkis Indonesia yang sukses menyumbangkan medali emas:

Olimpiade Barcelona 1992

Resmi menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade Barcelona 1992, tim bulutangkis Indonesia langsung mencetak sejarah dengan persembahan lima medali. Rinciannya, dua medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu. Medali emas didapat dari nomor tunggal putri dan tunggal putra, medali perak dari tunggal putra dan ganda putra, serta medali perunggu dari tunggal putra.

Pada Olimpiade Barcelona 1992, seluruh medali yang didapat Indonesia datang dari badminton. Melalui tunggal puteri Susi Susanti, Indonesia juga adalah peraih medali emas pertama badminton sebagai cabang olahraga resmi di olimpiade

Atlet bulutangkis yang di nomor tunggal putra, Alan Budikusuma berhasil menorehkan sejarah sebagai peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992. Di partai final Alan menghadapi rekan se-negaranya, Ardy Wiranata. All Indonesian Final, sehingga medali emas dan medali perak direbut tim Indonesia.

Medali emas diraih tunggal puteri Susi Susanti dan tunggal putera Alan Budikusuma. Tak lama kemudian kedua peraih medali emas Olimpiade Barcelona ini menikah. Pengantin medali emas.

Di samping itu medali perak jug diraih pasangan ganda putera Eddy Hartono/Rudy Gunawan, Medali perunggu diraih tunggal putera Hermawan Susanto.

Olimpiade Atlanta 1996

Pada Olimpiade Musim Panas 1996 cabang olahraga bulutangkis berlangsung di GSU Sports Arena, Atlanta, Amerika Serikat. Mempertandingkan 5 nomor, tunggal putera, tunggal puteri, ganda putera, ganda puteri dan penambahan nomor lomba ganda campuran.

Medali emas diraih pasangan ganda putera Indonesia Ricky Subagja / Rexy Mainaky.

Medali perak diraih tunggal puteri Indonesia Mia Audina.

Medali perunggu diraih tunggal puteri Susi Susanti dan pasangan ganda putera Denny Kantono/Antonius Ariantho.

Olimpiade Sydney 2000

Olimpiade musim panas 2000 diadakan di Sydney, Australia. Dimulai sejak 15 September hingga 1 Oktober 2000. Saat itu Indonesia berada di peringkat ke-37 dengan perolehan 1 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.

Medali emas diraih pasangan ganda putera Tony Gunawan / Candra Wijaya.

Medali perak diraih tunggal putera Indonesia Hendrawan dan pasangan ganda campuran Tri Kusharyanto/Minarti Timur.

Olimpiade Athena 2004

Olimpiade musim panas 2004 berlangsung di Kompleks Olimpiade Goudi, Athena, Yunani,  pada 14-21 Agustus 2004.

Medali emas diraih tunggal putera Indonesia Taufik Hidayat.

Medali perunggu diraih pasangan ganda putera Eng Hian/Flandy Limpele dan tunggal putera Sony Dwi Kuncoro.

Olimpiade Beijing 2008

Olimpiade musim panas 2008 berlangsung di Gelanggang Olahraga Universitas Teknologi Beijing pada 9-16 Agustus 2008.

Medali emas diraih pasangan ganda putera Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan.

Medali perak diraih pasangan ganda campuran Indonesia Nova Widianto/Lilyana Natsir

Medali perunggu diraih tunggal puteri Indonesia Maria Kristin Yulianti.

Olimpiade London 2012

Kali ini tim bulutangkis Indonesia gagal total membawa pulang satu pun medali.

Olimpiade Rio de Janeiro 2016

Olimpiade musim panas 2016 berlangsung di Paviliun 4 Riocentro, Rio de Janeiro pada 5-21 Agustus 2016. Saat itu, Indonesia hanya meraih 1 medali emas yang disumbangkan oleh pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Olimpiade Tokyo 2020

Terbaru, Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza (Tokyo 2020), Chōfu, Tokyo, Jepang yang diselenggarakan pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2021 karena adanya penundaan waktu setahun akibat pandemi Covid-19.

Medali emas bulutangkis diraih pasangan ganda puteri Indonesia Greysia Polli/Apriyani Rahayu.

Sedangkan medali perunggu diraih tunggal putera Anthony Sinisuka Ginting. (A/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.