Trump dan Moon Bahas Rencana Pertemuan dengan Presiden Korut

(file AA)

Washington, DC, MINA – Presiden Donald Trump pada Jumat lalu membahas pertemuannya yang tertunda dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

“Kedua pemimpin menyatakan optimisme hati-hati mengenai perkembangan terakhir dan menekankan bahwa masa depan yang lebih cerah tersedia untuk Korea Utara jika memilih jalan yang benar,” kata Gedung Putih mengenai pembicaraan tersebut. Demikian Anadolu Agency melaporkan.

Trump and Moon “sepakat bahwa tindakan nyata, bukan kata-kata, akan menjadi kunci untuk mencapai denuklirisasi permanen Semenanjung Korea. Presiden Trump juga menekankan kembali niatnya untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada akhir Mei”.

Baca Juga:  Menlu Finlandia Tekankan Israel Hormati Hukum Internasional

Pertemuan tersebut, jika terwujud, akan menjadi pertemuan tatap muka pertama antara pemimpin Korea Utara dan seorang presiden AS yang berkuasa.

Pertemuan direncanakan pada bulan Mei, namun belum ada waktu atau tempat yang telah disepakati.

Trump dan Kim terlibat cekcok sengit selama bertahun-tahun. Trump mengancam pemimpin Korea Utara, yang dia sebut ‘manusia roket kecil’, dengan “api dan kemarahan”.

Kim pun membalas dengan mengatai Trump “gonggongan anjing yang ketakutan lebih nyaring” setelah Trump berpidato di PBB. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Rudi Hendrik