Trump Segera Umumkan Isi Deal of The Century

Washington, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump akan segera mengumumkan isi agenda perdamaian di Timur Tengah yang disebut Deal of the Century dalam waktu dekat, sementara fihak Palestina terus menentang dengan keras karena hanya menguntungkan Israelt.

“Barangkali beberapa saat sebelum pertemuan (dengan Netanyahu) kami akan umumkan (langkah perdamaian),” jelas Trump di hadapan wartawan, Jum’at (24/1) kemarin.

Sebelumnya Presiden Israel Benyamin Netanyahu dijadwalkan akan berkunjung ke Washington untuk melakukan pertemuan dengan Presiden AS pada Selasa (28/1). Ini berarti Trump akan mengumumkan isi agenda perdamaian AS yang banyak disebut oleh media Israel sebagai Deal of The Century pada hari tersebut.

“Agenda Washington untuk perdamaian di Timteng akan menjadi sebuah agenda besar,” ujarnya.

Rakyat Palestina, menurutnya, awalnya memang akan menolak isi agenda tersebut. Namun mereka akan melihatnya sebagai langkah yang positif dan banyak memberikan keuntungan untuk mereka.

Sebelumnya Kamis, (23/1) Wakil Presiden AS Mike menemui Netanyahu di sela-sela kunjugannya pada acara Forum Internasional Holocaust untuk menyampaikan undangan Trump kepadanya. Netanyahu menyambut positif ajakan tersebut dan berencana mengikutsertakan saingan politiknya Benny Gantz, politisi partai Biru dan Putih Israel.

Sejumlah media Israel menyebut agenda perdamaian AS terkait erat dengan Deal of The Century.

Media Israel berbahasa ibrani, Channel 12 bahkan merinci isi agenda yang akan diumumkan Trump. Diantaranya kekuasaan penuh Israel di Tepi Barat dan Al Quds serta pengakuan paksa  Palestina akan eksistensi Al Quds sebagai ibu kota Israel.

Juru bicara Pemerintah Palestina Nabil Abu Radinah mengancam akan mengambil langkah-langkah tegas menolak rencana pengumuman tersebut. Ia menuntut Israel bertanggungjawab atas semua resiko yang diakibatkan dari penerapan isi Deal of The Century.

Di pihak lain Hamas kembali menegaskan akan menggagalkan rencana AS dan Israel mewujudkan isi Deal of The Century. (T/RA 02/P1)