Turki Berikan Bantuan Pascabencana Mozambik

Beira, MINA – Badan pemerintah Turki pada Jumat (29/3) mengirim bantuan kemanusiaan kepada para korban Topan Idai tropis yang mematikan di Mozambik.

Mengutip Yeni Safak, Badan Kerja Sama dan Koordinasi Turki (TIKA) mendistribusikan sekitar 600 paket berisi barang-barang kebersihan dan sanitasi di distrik Nhamatanda di pusat kota Beria.

TIKA didampingi oleh Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD), Tim Pencarian Medis Nasional (UMKE), dan Asosiasi Pencarian dan Penyelamatan (AKUT).

Paket kebersihan bertujuan untuk melindungi masyarakat lokal terhadap risiko epidemi, terutama kolera yang kemungkinan berasal dari air yang terkontaminasi dan persediaan makanan.

Selain itu, TIKA akan mendistribusikan pasokan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan di daerah tersebut.

Topan Idai, mendarat di kota pelabuhan Beira di Mozambik pada 14 Maret lalu dengan kecepatan hingga 177 mil (177 kilometer) per jam, menewaskan beberapa orang di Mozambik dan negara tetangga Zimbabwe.

Menurut pernyataan PBB dan media setempat, puluhan ribu korban telah kehilangan rumah, tanaman pertanian hanyut, dan jalan-jalan rusak di Mozambik, Malawi, dan Zimbabwe.

Banyak daerah di Mozambik tetap tanpa listrik, dan hampir semua jaringan telah rusak parah, menurut PBB. (T/R11/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)