Turki-Tunisia Perkuat Kerja Sama Bilateral

Kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi di Tunis (Rabu 28/12)

Tunis, MINA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Rabu (28/12), berjanji untuk memperbaiki hubungan perdagangan dengan Tunisia selama kunjungan resminya ke negara Afrika Utara.

“Meningkatkan volume perdagangan yang seimbang akan terus menjadi salah satu prioritas agenda ekonomi bilateral kita,” kata Erdogan.

Ucapan Erdogan disampaikan pada konferensi pers di Tunis menyusul sebuah pertemuan tertutup dengan Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi. Seperti dilaporkan Anadolu Agency dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Dalam pertemuan tersebut, empat kesepakatan mengenai kerja sama di bidang militer, keuangan dan lingkungan ditandatangani.

“Kedua pemimpin tersebut berbicara mengenai isu-isu regional mulai dari situasi di Libya hingga terorisme,” kata Erdogan.

Erdogan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Tunisia atas dukungan mereka terhadap Turki menyusul usaha kudeta yang dikalahkan tahun lalu.

Dia juga mengatakan, pihaknya akan mendorong pengusaha Turki untuk berinvestasi di Tunisia.

Sementara Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi mengatakan, kunjungan Erdogan akan memainkan peran penting dalam memperdalam hubungan antara kedua negara.

“Itu adalah kesempatan istimewa kami saling bertukar pandangan mengenai isu-isu utama terkait hubungan bilateral dan ekonomi serta isu-isu regional,” kata Essebsi.

Presiden Tunisia meminta kerja sama di bidang ekonomi dan kedua belah pihak bermaksud untuk memperkuat hubungan ekonomi.

Dia juga menerima undangan Erdogan untuk mengunjungi Turki. Erdogan didampingi oleh delegasi pejabat pemerintah Turki tiba di Tunisia Rabu pagi untuk kunjungan sehari. Tunisia adalah perhentian terakhir dalam perjalanan ke Afrika tiga negara termasuk Sudan dan Chad.

Erdogan akan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Tunisia Youssef Chahed. Dia berharap bisa bertemu pengusaha dari Tunisia dan Turki di sebuah forum bisnis. (T/R03/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Bahron Ansori