UEA DUKUNG PALESTINA DAN LIGA ARAB JADI PENINJAU DI WTO

Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab (UEA) Sultan bin Saeed Al-Mansouri.(Foto: constructionweekonline.com)
Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab (UEA) Sultan bin Saeed Al-Mansouri.(Foto: constructionweekonline.com)

Riyadh, 2 Muharram 1437/15 Oktober 2015 (MINA) -Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab (UEA) Sultan bin Saeed Al-Mansouri, menyatakan dukungan negara itu pada  protokol aksesi (persetujuan masuknya) Palestina dan Liga Arab untuk bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)  sebagai peninjau.

Saat memimpin delegasi Emirat pada pertemuan Menteri-Menteri Perdagangan Liga Arab yang digelar di ibukota Saudi Riyadh untuk membahas negosiasi dengan WTO di Jenewa, Rabu (14/10) kemarin, Al-Mansouri juga mendukung upaya untuk mengadopsi Bahasa Arab sebagai bahasa resmi di organisasi internasional.

Pertemuan Riyadh diadakan sebelum Konferensi tingkat Menteri WTO, yang dijadwalkan di Nairobi pada 15-18 Desember tahun ini. Demikian Khaleejtimes yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Di Riyadh, Menteri-Menteri  perdagangan Liga Arab membahas Putaran Doha, putaran terakhir negosiasi perdagangan antara anggota WTO yang bertujuan mencapai reformasi utama sistem perdagangan internasional.

Pada pertemuan seluruh anggota WTO di Jenewa, Senin (12/10), Direktur Jenderal WTO Roberto Azevedo, yang menghadiri pertemuan di Riyadh, Rabu, telah menguraikan proses awal untuk mengembangkan dokumen hasil untuk Konferensi Menteri WTO di Nairobi, ibukota Kenya.

Dalam sebuah pernyataan pada pertemuan tersebut, para menteri ekonomi menegaskan, komitmen UEA atas pembicaraan perdagangan multilateral didasarkan pada prinsip-prinsip transparansi, inklusifitas dan partisipasi para anggota WTO dalam negosiasi apapun. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0