UI Raih Peringkat 693 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Versi Webometrics

Jakarta, MINA – (UI) meraih peringkat ke 693 sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di dunia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2020.

Webometrics juga merilis bahwa UI meraih peringkat ke-9 di Asia Tenggara dan peringkat 1 di Indonesia. Pemeringkatan ini menilai tidak kurang dari 30.000 perguruan tinggi se-dunia. Pengumuman dapat dilihat melalui laman http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesiapersen20.

“UI dinilai terbaik dalam membuka akses publikasi ilmiah, sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan internet,” kata Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam keterangan tertulis yang dikutip MINA, Rabu (5/8).

Pencapaian peringkat ini didasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometrics yang terdiri atas empat indikator.

Pertama, Presence (bobot 5 persen) merupakan jumlah halaman website dari domain web utama, termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi.

Kedua, Visibility (bobot 50 persen) merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google).

Ketiga, Transparency/Openness (bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar, dan

Keempat, Excellence or Scholar (bobot 35 persen) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi dengan sumber dari Scimago.

Selain itu, perguruan tinggi terbaik di bawah Universitas Indonesia (UI) yaitu Institut Teknologi Bandung () meraih posisi kedua dalam negeri dan berada di peringkat 891 di dunia, serta (UB) meraih posisi ketiga di dalam negeri dan 1169 di dunia versi Webometrics 2020. (R/R11/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)