UII Tampilkan Mobil Listrik Kendali Android Pertama di IIMS 2016

Jakarta, 28 Jumadil Akhir 1437/ 7 April 2016 (MINA) –  ciptaan mahasiswa (UII) Yogyakarta dipamerkan dalam ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta, 7-17 April 2016.

“Ini adalah mobil listrik kendali android pertama di Indonesia ciptaan mahasiswa Universitas Islam Indonesia, generasi kedua dan kita beri nama Kaliurang Unisi 2,” kata Tata Tiara Sofyan, Tim Manajemen Mobil Listrik Android UII kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (7/4).

Tata mengatakan bahwa mobil listrik yang sekarang ditampilkan di ini adalah generasi kedua yang pengembangannya dimulai pada tahun 2013 dan kemudian dirilis pada 6 November 2015 lalu.

Mobil listrik yang pertama kali dicetus oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Industri UII ini bisa dikendalikan dengan android dan mampu berjalan sejauh 15 km dengan kecepatan maksimal 65 km/jam setelah batre diisi penuh selama empat jam.

Controller-nya kita datangkan dari luar negeri dan kita teliti lalu rangkai sendiri, kita juga memiliki lima klaim paten. Untuk total biayannya versi pertama itu menghabiskan sekitar Rp150 juta dan generasi kedua Rp100 juta. Kampus yang membantu dana penelitian,” ujarnya.

Selain didukung pihak kampus, mereka juga dibantu oleh pemerintah dalam perkembangan risetnya. Mobil Listrik ini memiliki banyak prestasi di antaranya Juara pertama Uji Kecepatan di Kompetisi Mobil Listrik Politeknik Bandung, dan juga meraih The Best Inovasi dan Teknologi di kompetisi yang sama.

Tata dan timnya mengaku pada awalnya mereka sempat mengalami kesulitan dari segi pendanaan maupun penelitian, dan sering mengalami kegagalan, namun dengan semangat yang gigih mereka berhasil menciptakan sesuatu yang bisa membanggakan Indonesia.

“Jangan takut untuk berinovasi, mari kita buktikan ke dunia bahwa anak muda Indonesia bisa menciptakan teknologi yang canggih. Jangan pula pedulikan omongan orang yang meremehkan mimpi besar kita,” tambahnya. (L/M09/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.