Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Akan Dilaksanakan Pekan Ini

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, pada pekan ini komisinya akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada calon Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto sehubung telah diusulkannya oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR.

“Kita akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada pekan ini,” ujar TB Hasanuddin dalam keterangan persnya yang diterima MINA, Selasa (5/12).

Ia mengungkapkan, uji kelayakan itu akan dilakukan antara Rabu atau Kamis, apalagi, sebelum DPR memasuki masa reses. “Kita akan selesaikan ini sebelum penutupan masa sidang ini karena tanggal 13 Desember sudah memasuki masa reses,” ungkapnya.

Lebih lanjut TB Hasanuddin berharap pada minggu depan sudah disampaikan laporan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada Rapat Paripurna DPR, sehingga hasilnya juga segera diserahkan ke Presiden.

Terkait dengan apa saja yang aka ditanyakan ke Marsekal Hadi Tjahjanto, dia sampaikan bahwa akan banyak pertanyaan yang diajukan mulai dari kelanjutan rencana strategis TNI, disiplin TNI dan sebagainya.

Sebagaimana disampaikan TB Hasanuddin, Komisi I DPR pada Selasa (5/12) ini mengadakan rapat terkait penugasan Komisi I DPR untuk menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI dan penjadwalannya.

Presiden Jokowi telah secara resmi mengirimkan surat tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, serta pengajuan nama Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI.

Surat tersebut diantar langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diterima langsung Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pada Senin pagi, 4 Desember 2017. (R06/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)