Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Panglima TNI Terima Hasil Ijtima Ulama, Termasuk Soal Palestina

Ali Farkhan Tsani - Sabtu, 15 Juni 2024 - 04:13 WIB

Sabtu, 15 Juni 2024 - 04:13 WIB

8 Views

Jakarta, MINA – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerima hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), termasuk soal Palestina.

Hal tersebut disampaikan saat berkunjung ke Kantor MUI Pusat di Jakarta, Jumat (14/6).

Hasil Ijtima diserahkan langsung oleh Ketua MUI Bidang Fatwa, Prof KH Asrorun Niam Sholeh.

“Ada 16 masalah keagamaan yang dihasilkan, masalah ibadah, muamalah, serta masalah muamalah yang terkait dengan ibadah. Lingkup masalahnya ada yang berskala nasional, regional, hingga global. Salah hasilnya adalah soal dukungan terhadap Palestina,” ujar Prof Niam.

Baca Juga: Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Penulis Diikuti Peserta dari Indonesia dan Mancanegara 

Lebih lanjut, dalam forum pertemuan tersebut Niam menegaskan MUI sebagai payung besar ulama dan umat Islam Indonesia, menjadi pelopor perdamaian dan kemerdekaan setiap bangsa yang masih dijajah, terutama Negara Palestina.

“Salah satu rekomendasi Ijtima Ulama Komisi Fatwa adalah perlunya langkah nyata untuk menghentikan pembantaian massal yang sangat biadab dan genosida di Gaza Palestina, salah satunya Pemerintah Indonesia bisa memprakarsai bantuan militer bersama negara-negara lain, terutama negara-negara OKI untuk menghentikan kekejaman dan kebiadaban Zionis Israel,” lanjutnya.

Sebelum penyerahan, guru besar Bidang Ilmu Fikih UIN Jakarta ini menyampaikan, Ijtima ulama Komisi Fatwa se-Indonesia ini diikuti oleh lembaga fatwa Ormas Islam tingkat Pusat, Pimpinan Komisi Fatwa MUI Provinsi se-Indonesia, pimpinan Pondok Pesantren, Pimpinan Fakultas Syariah PTKI, dan juga lembaga fatwa dari ASEAN serta Timur Tengah.

Kunjungan Panglima TNI ke MUI dalam upaya mendiskusikan langkah-langkah yang telah dan akan dilaksanakan Pemerintah, khususnya TNI dalam mengambil bagian dalam perjuangan bangsa Palestina.

Baca Juga: Pelatihan AI MINA, Peserta M. Ridwan: Sangat Bermanfaat 

Ketua MUI Bidang Luar Negeri, Prof Sudarnoto Abdul Hakim menyambut baik prakarasa yang sudah diambil TNI dalam mendukung perjuangan Palestina merdeka, terlebih dalam melibatkan pasukan militer untuk menghentikan genosida.

Hadir dalam pertemuan tersebut mantan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan para pimpinan Ormas Islam Tingkat Pusat, serta segenap Dewan Pimpinan MUI dan pimpinan Komisi/Lembaga di lingkungan MUI.

Tampak hadir pula beberapa pimpinan lembaga terkait kepalestinaan, di antaranya Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Aqsa Working Group (AWG), dan Maemuna Center. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Imaam Yakhsyallah Kunjungi Korban Kebakaran di Tomang Jakarta

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia