Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

MUI Gelar Silaturahmi dengan Panglima TNI Bahas Gaza

Ali Farkhan Tsani - Sabtu, 15 Juni 2024 - 04:20 WIB

Sabtu, 15 Juni 2024 - 04:20 WIB

9 Views

Jakarta,MINA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar silaturahmi bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.  Membahas isu terkait Gaza. Bertempat di Gedung MUI Pusat Jakarta, Jumat (14/6).

Sekjen MUI Dr. Buya Amirsyah Tambunan dalam sambutannya menyatakan, acara digelar sebagai bentuk dukungan MUI terhadap TNI.

MUI memberikan perhatian yang besar terhadap ikhtiar dan peran TNI dalam ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial sebagaimana amanat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945,” ujarnya.

“Terkait dengan ini, Dewan Pimpinan MUI memberikan dukungan yang kuat atas komitmen, sikap, kebijakan, dan program TNI dalam menjaga dan mewujudkan perdamaian di wilayah dunia yang dilanda konflik bersenjata atau perang,” lanjutnya.

Baca Juga: Satu Relawan Liaison Officer MER-C Masuk Gaza untuk Kedua Kalinya

Dalam paparannya Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, menyampaikan, TNI telah menindaklanjuti arahan Menhan Prabowo Subiyanto untuk mengirimkan pasukan perdamaian ke Gaza.

“Saya sedang menyiapkan dan melakukan pengecekan rumah sakit lapangan dan kita akan mengirimkan satu batalyon komposit. Rumah sakitnya sudah lengkap, termasuk untuk tindakan operasi,” ujarnya.

“Untuk evakuasi, TNI menyiapkan dua helikopter. Sedangkan untuk logistik telah disiapkan pesawat pengangkut untuk membawa pasien yang akan dirawat di Indonesia,” imbuhnya.

Sedangkan untuk mekanisme pengiriman pasukan, TNI akan mengikuti regulasi yang telah diatur oleh PBB.

Baca Juga: MER-C Fasilitasi Keberangkatan 10 Santri Papua ke Pesantren Balekambang Jepara

Dalam forum tersebut hadir juga mantan Wapres Muhammad Jusuf Kalla (JK), yang kini menjabat sebagai Ketua Umum (Dewan Masjid Indonesia (DMI).

JK mengomentari pembantaian yang terjadi di Gaza. Menurutnya salah satu penyebab konflik di Gaza adalah Amerika Serikat.

“Amerika Serikat ingin damai, tapi AS juga yang kirim senjata. Kenapa seperti itu? Karena Yahudi mengendalikan keuangan AS,” ujarnya. []

Hadir dalam pertemuan tersebut para pimpinan Ormas Islam Tingkat Pusat, serta segenap Dewan Pimpinan MUI dan pimpinan Komisi/Lembaga di lingkungan MUI.

Baca Juga: Berkunjung ke UEA, Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed

Tampak hadir pula beberapa pimpinan lembaga terkait kepalestinaan, di antaranya Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Aqsa Working Group (AWG) dan Maemuna Center (Mae_C). []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: MUI Nonaktifkan Dua Pengurus Diduga Terlibat Organisasi Terafiliasi Israel

Rekomendasi untuk Anda