Umat Muslim Hadramaut Sambut Isra Mi’raj dengan Berbagai Budaya

, MINA – Umat Muslimin di kawasan Hadramaut, bagian selatan, menyambut peringatan Isra dan Mi’raj 1443 tahun ini dengan berbagai budaya dan acara.

Peringatan akan berlangsung pekan depan, tanggal 27 Rajab sebagai hari libur, dengan berbagai budaya, seperti anak-anak mengenakan pakaian baru di siang hari dan pembagian permen, kurma, cokelat, dan jus.

Sementara orang dewasa bersiap untuk memperingati malam itu dengan memperbanyak dzikir dan membacakan lantunan syair dan lagu nasyid religi. Al-‘Ain al-Ikhbariyyah melaporkan, Selasa (22/2).

Di sebelah timur Hadramaut hingga Hodeidah di barat, umat Muslim menambahkan kegembiraan menyambut Isra Mi’raj dengan mencuci kembali masjid dan mengecatnya, serta mengganti beberapa furnitur masjid.

Lampu-lampu baru juga digantung di depan halaman rumah warga, mengiringi pembacaan puisi, kisah-kisah keagamaan hingga dini hari dan diakhiri dengan doa.

Peringatan meriah mulai terlihat juga di distrik Mocha, barat Taiz, distrik Hays, selatan Hodeidah, dan kota bersejarah Mocha di tepi Laut Merah.

Di distrik-distrik pedesaan selatan provinsi Hodeidah, diadakan pacuan kuda dan unta diiringi irama genderang. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)