Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2022/2023

Jakarta, MINA – Universitas Islam Internasional Indonesia () resmi membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 mulai Ahad (15/5). Program masuk tahun ini dibuka melalui dua skema, yaitu skema didanai sendiri dan beasiswa.

Rektor UIII, Prof Dr Komaruddin Hidayat menekankan, kedua skema masuk tersebut ditawarkan bagi warga negara Indonesia dan asing yang mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan serta latar belakang akademis yang kuat.

Ia juga menambahkan, meskipun UIII menyandang nama Islam, yang visi dan misinya inklusif serta universal namun UIII tidak hanya untuk umat Islam tetapi juga menyambut mereka dari agama yang berbeda.

“Skema beasiswa yang kami tawarkan juga non-diskriminatif. Oleh karena itu, saya mengajak siswa potensial, orang-orang muda dari seluruh dunia untuk tidak melewatkan kesempatan emas ini terlepas dari latar belakang agama mereka,”kata Prof Komaruddin dalam keterangan persnya.

Kampus UIII berada di daerah Cimanggis Kota Depok, Jawa Barat, di atas areal seluas hampir 100 hektar yang dulu digunakan Radio Republik Indonesia (RRI).

Pembangunan UIII dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat pendidikan Islam di dunia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia UIII, Bahrul Hayat, PhD, menjelaskan, skema beasiswa dirancang untuk memberikan bantuan bagi warga Indonesia dan asing yang mengambil Master dan Doktor program di UIII.

Periode beasiswa untuk program master berlangsung selama dua tahun dan jumlah beasiswa yang tersedia untuk 2022/2023 tahun akademik adalah 200. Sedangkan program doktor, jumlah beasiswa yang tersedia adalah 100.

Bahrul mengatakan, beasiswa tersebut berasal dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) disediakan untuk UIII.

Pemohon dapat mengajukan program master (MA) atau doktor (Ph.D) pada empat fakultas tersedia di UIII, yaitu Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, dan Fakultas Pendidikan.

Semua program akademik dan pembelajaran di UIII menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Khusus untuk Fakultas Studi Agama Islam selain bahasa Inggris, bahasa Arab juga diperlukan.

Sedangkan Bahasa Indonesia merupakan persyaratan bagi siswa yang mengambil studi dan penelitian di Indonesia dan Asia Tenggara untuk tesis dan disertasinya. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.