Upacara 17 Agustus, Presiden Pakai Busana Adat Aceh

Jakarta, MINA – Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di halaman Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan busana adat Aceh, Linto Baro, sementara Ibu Negara Iriana mengenakan busana adat Minangkabau, Sumatra Barat,

Presiden Jokowi mengatakan, negara ini adat dan tradisinya banyak sekali. Pakaian adat juga banyak, ratusan, banyak sekali, mungkin ribuan.

Harapan Presiden terkait Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Kepala Negara mengingatkan, sebaiknya semua harus optimis, semangat dalam membangun kerukunan, membangun persatuan, dan membangun kesatuan.

“Saya kira kita harus memberikan porsi yang lebih banyak pada kerukunan, pada persatuan, pada kesatuan karena stabilitas politik, stabilitas keamanan itu merupakan modal yang paling fundamental dalam kita membangun negara ini,” kata Presiden.

Saat ditanya apakah ada pembagian sepeda untuk pemakai busana adat terbaik sebagaimana tahun lalu, Presiden Jokowi hanya tertawan, “Nantilah,” ucapnya.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia digelar di Istana Merdeka, Jakarta, dipimpin langsung oleh Presiden Republika Indonesia, Joko Widodo, serta dihadiri oleh sejumlah pejabat negara dan perwakilan utusan negara-negara sahabat. (R/R09/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.