Update Korban Gempa Türkiye dan Suriah Capai 21.000 Jiwa

(Foto: Istimewa)

Ankara, MINA – Jumlah korban jiwa akibat gempa Türkiye Selatan mencapai sedikitnya 17.674 dan 72.879 lainnya luka-luka, kata Wakil Presiden Türkiye Fuat Oktay, demikian dikutip dari Anadolu Agency, Jumat, (10/2).

Sementara di Suriah, tercatat sejumlah 3.377 jiwa sehingga secara keseluruhan jumlah korban jiwa gempa besar tersebut hingga saat ini mencapai 21.051 jiwa.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,7 dan 7,6, yang berpusat di provinsi Kahramanmaras, dirasakan pada Senin oleh 13 juta orang di 10 provinsi, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye dan Sanliurfa dan beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Lebanon, merasakan getaran kuat yang melanda Türkiye dalam waktu kurang dari 10 jam.

Lebih dari 120.344 personel pencarian dan penyelamatan saat ini bekerja di lapangan, menurut Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Türkiye. sementara Sebanyak 30.360 orang dievakuasi dari daerah yang dilanda gempa di Türkiye, kata AFAD dalam sebuah pernyataan.

Berbicara di Kilis, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Kamis, total 6.444 bangunan telah runtuh ke zona gempa. “Senin lalu, kami dihadapkan pada gempa terburuk yang pernah terjadi di wilayah ini dalam sejarahnya,” tambahnya.

Wakil Presiden Oktay mengatakan saat berbicara di parlemen, gempa bumi mempengaruhi area seluas sekitar 110.000 kilometer persegi (sekitar 42.471 mil persegi). Ini sama dengan atau lebih besar dari luas banyak negara di Eropa.

“Gempa ini adalah yang terbesar ketiga yang terjadi sejak gempa Great Anatolia 1668 dan gempa Erzincan 1939 dalam 2.000 tahun terakhir di geografi Anatolia,” kata Oktay.

Ketua Parlemen Türkiye Mustafa Sentop meminta anggota parlemen Kamis untuk memberikan sumbangan senilai setidaknya satu bulan gaji kepada badan manajemen bencana negara itu, sementara dia sendiri telah menyumbangkan tiga bulan gajinya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Türkiye Mevlut Cavusoglu mengatakan 95 negara dan 16 organisasi internasional menawarkan untuk mengirim bantuan ke Türkiye, dengan banyak negara mengirimkan tim SAR, dokter, rumah sakit lapangan, dan bahan bantuan ke wilayah yang dilanda gempa.

Berbicara di ibu kota Ankara, Cavusoglu mengatakan 6.479 personel dari 56 negara saat ini berada di lapangan. “Tim dari 19 negara lagi akan berada di negara kami dalam waktu 24 jam,” tambahnya pada konferensi pers bersama Tahsin Ertugruloglu, mitranya dari Republik Turki Siprus Utara (TRNC). Ertugruloglu berkata bahwa setiap jantung Siprus Turki berdetak dengan Türkiye.

Selain tim penyelamat, selimut, tenda, makanan, dan tim dukungan psikologis juga dikirim ke daerah bencana. Sebanyak 97.973 tenda keluarga telah didirikan untuk menampung para penyintas, kata AFAD. Ditambahkan, 10.363 kendaraan termasuk ekskavator, traktor dan buldoser dikirim ke daerah bencana. “Sementara tim di Sanliurfa dan Kilis telah menyelesaikan operasi pencarian mereka dan telah dikirim ke provinsi lain,” kata AFAD.

Erdogan pada Rabu meninjau proses pencarian dan penyelamatan yang sedang berlangsung serta upaya bantuan di provinsi Adana, Hatay dan Kahramanmaras serta salah satu pusat gempa, Pazarcik, di mana dia bertemu dengan para penyintas di tenda-tenda.

Sementara Ibu negara Emine Erdogan pada hari Rabu mengunjungi 16 bayi yang selamat yang diterbangkan dari Kahramanmaras ke sebuah rumah sakit di Ankara.

Türkiye telah mengerahkan semua sumber dayanya untuk upaya pasca gempa, kata Presiden Erdogan, menambahkan: “Negara bekerja dengan kota, terutama dengan AFAD, dengan semua sumber dayanya.”

Penetapan keadaan darurat selama tiga bulan ke depan untuk mempercepat upaya penyelamatan dan bantuan di provinsi-provinsi yang dilanda gempa Türkiye mulai berlaku Kamis. Selain itu, Türkiye juga menetapkan tujuh hari berkabung nasional setelah gempa dahsyat tersebut. Semua acara olahraga nasional di negara itu telah ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut dan sekolah di seluruh negeri akan ditutup hingga 20 Februari.

Setelah gempa bumi awal, koridor bantuan udara dibuat oleh Angkatan Bersenjata Türkiye untuk mengirimkan tim SAR ke wilayah tersebut. Sejumlah besar pesawat untuk transportasi, termasuk A-400M, membawa tim SAR dan kendaraan ke wilayah tersebut. Pesawat ambulans juga menggunakan koridor bantuan udara.

Hampir 19.000 tentara Türkiye juga bergegas membantu orang-orang di lapangan, kata Kementerian Pertahanan Nasional dalam sebuah pernyataan. Semua barak, termasuk Komando Angkatan Darat ke-2 di Malatya, dibuka untuk melayani warga yang terkena dampak gempa. Personel penyelamat dan bantuan serta material dikirim ke wilayah itu dengan 160 pesawat, kata AFAD.

Menteri Pertahanan Nasional Hulusi Akar mengatakan pada Kamis, Angkatan Bersenjata Türkiye telah mengerahkan semua pesawat. “Dalam kerangka ini, kami mengirimkan personel dan peralatan ke zona gempa dengan lebih dari 500 serangan pesawat,” kata Akar. (T/B03/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.