Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

USBN Madrasah di Kab. Wajo Gunakan Android

Fauziah Al Hakim - Rabu, 11 April 2018 - 14:57 WIB

Rabu, 11 April 2018 - 14:57 WIB

168 Views ㅤ

Wajo, MINA – Tim Teknis Computer Based Test (CBT) Kantor Kemenag Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, membuat inovasi dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat MTs. USBN MTs di Kabupaten Wajo menggunakan aplikasi android di smartphone peserta ujian.

Ketua Tim Teknis CBT Madrasah Kankemenag Kab. Wajo Hamzah Alias mengatakan, ide ini berawal tantangan ajakan Kepala Kankemenag Kabupaten Wajo, Arsyad Ambo Tuo, agar pelaksanaan USBN di Wajo bisa dilaksanakan berbasis komputer, layaknya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK).

“Kami menggunakan salah satu aplikasi dari sekian banyak yang ada.  Tim Teknis mulai bekerja selama dua hari efektif untuk menginput database soal beserta kunci jawaban yang berjumlah enam mata pelajaran yang di-USBN-kan,” jelas Hamzah, Rabu (11/4).

“Setelah itu rekan Proktor diundang untuk mengcopy aplikasi yang telah dimodifikasi untuk dipakai USBN-BK/Android sekaligus diberikan bimbingan singkat tentang penggunaan aplikasi tersebut yang kurang lebih persis aplikasi UNBK/UAMBN-BK,” lanjutnya.

Baca Juga: Sembilan Santri MA Al-Fatah Lampung Ikuti KSM Tingkat Kabupaten

Dikutip dari rilis Kemenag, Hamzah mengakui masih banyak kendala dalam pelaksanaan USBN-Komputer-Android ini.

Namun secara umum, USBN berbasis Komputer dan Android ini berjalan baik dengan menggunakan durasi waktu lebih dari yang dialokasikan. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sastra Masuk Kurikulum, NU Circle Minta Nadiem Setop Buku Bacaan Bernarasi Vulgar 

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Haji 1445 H
Haji 1445 H
Palestina